Lifestyle
Sabtu, 19 Desember 2015 - 06:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Hati-Hati, 4 Makanan Ini Bisa Perparah Flu

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum susu cokelat (Huffingtonpost.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas empat makanan yang justru bisa memperparah kondisi flu.

Solopos.com, SOLO — Penyakit flu sangat rentan terjadi saat di musm hujan seperti ini. Jika saat ini Anda terserang penyakit tersebut, sebaiknya Anda menghindari empat makanan yang diulas dalam tips kesehatan kali ini, Jumat (18/12/2015).

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Positivemed, Jumat, alkohol, susu, makanan berkarbohidrat, dan soda bisa membuat flu semakin parah.

Alkohol
Alkohol bisa membuat tubuh Anda dehidrasi. Padahal, ketika flu, ada banyak cairan yang hilang dari tubuh Anda. Hindari konsumsi alkohol, karena minuman jenis ini bisa membuat tubuh Anda kehilangan cairan lebih cepat. Minuman yang tepat untuk Anda ketika flu adalah air putih. Perbanyak minum air putih, khususnya yang hangat, agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan.

Susu
Selama ini mungkin banyak orang yang yakin dengan minum susu bisa meredakan flu. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Kendati mengandung protein yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tapi susu justru bisa memicu dahak bila dikonsumsi saat sedang flu.

Advertisement

Minuman alternatif yang baik dikonsumsi saat flu selain air putih adalah teh dan jus. Selain itu, baik pula Anda mengonsumsi sup hangat yang berbahan dasar kaldu ayam.

Makanan Berkarbohidrat
Karbohidrat mengandung gula. Apabila mengonsumsi makanan berkarbohidrat saat flu, sistem kekebalan tubuh Anda akan melemah, sehingga bisa membuat flu Anda semakin parah. Maka dari itu, hindari pula makanan atau minuman yang mengandung gula.

Selain memperlemah sistem kekebalan tubuh, kandungan guka juga bisa membuat hidung Anda tersumbat, serta menimbulkan peradangan.

Advertisement

Soda
Soda mengandung gula yang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda lemah dan memicu peradangan. Selain itu, kandungan kafein dalam soda bisa membuat tubuh dehidrasi. Lebih buruk lagi, karbonasi soda bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif