Soloraya
Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:00 WIB

OPERASI ANGKUTAN KARANGANYAR : Tim Cek Kelaikan Angkutan Umum

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim gabungan mengecek kru bus mengganti onderdil dalam operasi angkutan jelang Natal dan Tahun Baru. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Operasi angkutan Karanganyar menyasar kelaikan angkutan umum yang beroperasi di Karanganyar menjelang libur panjang.

Solopos.com, KARANGANYAR–Arus kendaraan menuju kawasan wisata di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, diprediksi akan meningkat signifikan pada masa libur panjang Kamis-Minggu (24-27/12/2015) mendatang.

Advertisement

Pengguna jalan diminta berhati-hati menyusul intensitas hujan yang semakin meningkat. Penyedia jasa angkutan umum juga diminta meningkatkan faktor safety kendaraan mereka.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishubkominfo Karanganyar, Rusdiyanto, saat dihubungi Solopos.com, melalui telepon seluler (ponsel), Jumat (18/12/2015), mengatakan pihaknya sudah menggelar razia angkutan.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishubkominfo Karanganyar, Rusdiyanto, saat dihubungi Solopos.com, melalui telepon seluler (ponsel), Jumat (18/12/2015), mengatakan pihaknya sudah menggelar razia angkutan.

“Pada Rabu [16/12/2015] lalu kami sudah razia gabungan bersama Satlantas Polres Karanganyar di Terminal Karangpandan. Sasarannya kelaikan jalan angkutan umum di terminal,” tutur dia.

Rusdiyanto memprediksi peningkatan secara signifikan penumpang angkutan umum akan terjadi mulai Kamis pekan depan. Peningkatan tersebut utamanya akan terjadi di Karangpandan dan Tawangmangu.

Advertisement

“Pada razia Rabu kemarin masih didapati beberapa angkutan yang menggunakan ban hasil vulkanisir. Hal ini tidak sesuai standar keamanan, dapat membahayakan para penumpang,” sambung dia.

Tak hanya pada masa libur Natal, Rusdiyanto meyakini puncak kepadatan arus kendaraan di jalur menuju kawasan wisata lereng Gunung Lawu akan terjadi pada Kamis (31/12/2015) mendatang.

“Kami segera tambah personel di terminal-terminal yang berpotensi terjadi kepadatan penumpang. Kemungkinan puncak kepadatan justru pada malam pergantian tahun,” terang dia.

Advertisement

Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra melalui Kasatlantas, AKP Suryo Wibowo mengatakan peningkatan arus pada libur panjang pekan depan tak seberapa.
Situasi yang membutuhkan perhatian serius semua jajaran, menurut dia, justru pada malam perayaan tahun baru.

Saat itu, dia memprediksi, jalur-jalur menuju kawasan wisata akan sangat padat. “Puncak kepadatan arus kendaraan tetap pada malam pergantian tahun. Tapi kami sudah siapkan opsi rekayasa lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan panjang,” tutur Suryo.

Dia mengimbau pengguna jalan mengecek kondisi kendaraan sebelum melintas di Tawangmangu pada puncak arus kendaraan. Jangan sampai ada kendaraan yang mogok saat arus padat.

Advertisement

“Sebelum berkendara pastikan kondisi kendaraan prima, sistem pengereman bagus, mesin oke, dan bahan bakar mencukupi. Jangan sampai mogok di tengah kepadatan arus,” kata dia.

Disinggung kepadatan arus kendaraan di Pertigaan Palur, Suryo menilai tak akan terjadi macet. Apalagi, dia melanjutkan, bila jalur flyover Palur sudah bisa dioperasikan penuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif