News
Sabtu, 19 Desember 2015 - 02:10 WIB

KABUT ASAP : Kabut Asap Tiongkok Kian Parah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polusi udara di Tiongkok (Twitter)

Kabut asap Tiongkok kian parah ADB setuju untuk memberikan pinjaman Rp4,1 triliun.

Solopos.com, SOLO – Seiring dengan kian parahnya kabut asap di Tiongkok, The Asian Development Bank (ADB) menyetujui pinjaman berbasis kebijakan senilai US$300 juta atau Rp4,1 triliun untuk Tiongkok untuk mengatasi masalah polusi yang terjadi di negara itu.

Advertisement

Uang pinjaman dari ADB itu akan menyertai pinjaman yang diharapkan datang dari KfW Development Bank senilai 150 juta Euro atau Rp2,2 triliun untuk mendukung pengeluaran dalam the Hebei Clean Air Action Plan 2015-2016, yang diperkirakan mencapai US$4,8 miliar atau Rp66,7 triliun. Provinsi Hebei dinilai menjadi masalah utama pengendalian polusi di negara itu dan merupakan tempat terbesar kedua dalam mengkonsumsi batu bara di Tiongkok.

“Kualitas udara yang buruk mencapai tingkat yang serius bahwa itu membahayakan kesehatan serta pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Satoshi Ishii, Spesialis Senior Pembangunan Perkotaan ADB, dalam rilis yang dikutip Bisnis.com, Jumat (11/12/2015).

Dengan bantuan ADB, Provinsi Hebei akan membuat reformasi mendasar untuk kebijakan energi dan sosial ekonomi daerah tersebut. Selain itu, membangun dasar yang kokoh terkait dengan investasi dalam rangka peningkatan kualitas udara dan kesehatan publik.

Advertisement

“Ini termasuk aksi dari kebijakan untuk peralihan batu bara ke energi yang lebih bersih, mempromosikan transportasi umum di wilayah perkotaan dan meningkatkan energi biomassa di pedesaan,” tutur Ishii.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif