News
Jumat, 18 Desember 2015 - 13:00 WIB

SELEKSI PIMPINAN KPK : Jokowi Akui Masih Ada Pihak Ingin Lemahkan KPK

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo KPK (JIBI/Solopos/Antara)

Seleksi pimpinan KPK hasil pilihan DPR kini menunggu pelantikan oleh Presiden.

Solopos.com, BOGOR — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memilih lima orang sebagai Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru. Namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui masih ada pihak-pihak yang ingin melemahkan KPK agar tidak optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Advertisement

Jokowi mengatakan sejak dulu ada pihak yang menginginkan pelemahan KPK. Untuk itu, lembaga antirasuah itu harus menunjukkan kinerjanya kepada masyarakat, agar terus mendapatkan dukungan.

“Sejak dulu selalu yang seperti itu kan ada saja. Yang paling penting menurut saya adalah bagaimana dukungan publik. KPK harus menunjukkan kinerjanya agar muncul kepercayaan dari masyarakat,” kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2015).

Presiden menuturkan dirinya dan pemerintahan saat ini selalu berkomitmen untuk terus memperkuat KPK. Upaya tersebut akan dibarengi dengan perbaikan hubungan lembaga tersebut dengan lembaga tinggi negara lainnya.

Advertisement

Terkait lima orang pimpinan KPK baru yang dipilih DPR, Presiden meminta agar seluruh masyarakat memberi kesempatan kepada semuanya untuk bekerja terlebih dahulu. Pasalnya, lima orang pimpinan KPK yang baru dipilih DPR saat ini belum dapat bekerja, karena belum dilantik oleh Presiden.

Menurutnya, masyarakat nantinya dapat menyampaikan kritik dan saran kepada lima orang pimpinan baru KPK tersebut. Dengan begitu, pengawasan terhadap lembaga tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Mereka belum bekerja, jadi jangan dikomentari dulu. Kalau sudah bekerja, nanti publik dapat menyampaikan kritik dan sarannya,” ujarnya.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengatakan lima orang pimpinan KPK yang dipilih DPR adalah orang-orang terbaik, karena telah melalui proses seleksi oleh Panitia Seleksi yang dibuat pemerintah.

Seperti diketahui, DPR telah memilih lima orang pimpinan baru KPK melalui proses voting. Kelima orang tersebut adalah Agus Rahardjo, Alexander Marwata, Saut Situmorang, Irjen Pol. Basaria Panjaitan, dan Laode Muhammad Syarif.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif