News
Jumat, 18 Desember 2015 - 10:00 WIB

SELEKSI PIMPINAN KPK : ICW Tantang Pimpinan Baru KPK Ubah Apatisme Jadi Optimisme

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (doc. Solopos.com)

Seleksi pimpinan KPK telah menghasilkan lima pimpinan KPK jilid IV.

Solopos.com, JAKARTA – Tantangan sudah menanti lima orang pemimpin baru KPK untuk meyakinkan publik tentang kinerja mereka dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Advertisement

“Kita menantang, ketika publik apatis dengan calon-calon, mereka yang terpilih itu harus bisa mengembalikan apatisme publik tersebut menjadi optimisme. Bahwa apa yang ditakutkan publik itu ternyata tidak terbukti,” ujar aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan saat dihubungi via telepon, Kamis (17/12/2015).

Adnan mengatakan lima pimpinan baru KPK yang baru terpilih sebaiknya segera melakukan komunikasi politik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Komunikasi politik tersebut, menurut Adnan, penting karena presiden sebagai kepala negara memiliki benang merah dengan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi.

Advertisement

“KPK sendirian itu tidak akan sanggup. Karena KPK juga bisa diberangus secara politik. Buktinya ada revisi UU KPK. Kalau legislatif tidak mendukung, artinya KPK butuh komunikasi dengan presiden,” ujar Adnan.

Adnan berharap sektor-sektor strategis yang menjadi celah korupsi yang dapat menimbulkan kerugian negara bisa segera ditangani oleh pimpinan lembaga antirasuah yang baru.

Selain itu, pemimpin baru lembaga antirasuah diharap bisa segera mengenal sistem dan menyesuaikan diri dengan KPK sehingga muncul kedekatan emosional dengan lembaga ini.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : ICW Seleksi Pimpinan KPK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif