Jogja
Kamis, 17 Desember 2015 - 14:23 WIB

Ada Pemangkasan Pohon di Jalan Parangtritis dan Jalan Wonosari

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas PLN melakukan penebangan pohon di sepanjang Ringroad antara simpang Jalan Parangtritis sampai simpang Jalan Wonosari, Kamis (17/12/2015). (Rina WIjayanti/JIBI/Harian Jogja)

Ada pemangkasan pohon di Jalan Parangtritis dan Jalan Wonosari Bantul

Harianjogja.com, BANTUL – 347 pohon di sepanjang pinggir Jalan Parangtritis sampai Ketandan Jalan Wonosari dipangkas. Pemangkasan dilakukan agar tidak mengganggu kabel listrik yang siap dialiri arus awal tahun depan.

Advertisement

Kabel listrik di sepanjang Jalan Parangtritis sampai perempatan Jalan Wonosari telah dibangun sejak dua tahun lalu, namun belum dioperasikan. Kabel yang difungsikan sebagai penyetor daya dari gardu induk Sewon ke wilayah Ketandan itu awal tahun nanti akan dioperasikan.

Mempersiapkan pengoperasian kabel tersebut, PLN Jogja melakukan persiapan, salah satunya dengan melakukan pemangkasan pohon.

Sri Handoko, pimpinan pekerja lapangan menjelaskan, pemangkasan dilakukan di sepanjang jalan yang dilintasi kabel listrik tersebut. Dari datanya, ada sekitar 347 pohon yang dilakukan pemangkasan karena dipandang membahayakan.

Advertisement

Terdapat bermacam-macam jenis pohon, namun paling banyak adalah jenis pohon Munggur yang memiliki karakteristik daun yang lebat. “Kita lakukan pemangkasan karena pohon sudah menyentuh bahkan ada sebagian besar yang menutupi jaringan kabel, padahal kabel ini akan segera dioperasikan,” katanya.

Handoko menjelaskan, jika pohon tersebut dibiarkan dipandang membahayakan warga sekitar maupun pengguna jalan. “Resiko yang mungkin terjadi kesetrum atau terjadi konslet atau travo meledak, apalagi saat musim hujan seperti saat ini,” katanya saat ditemui di kawasan Ringroad Timur, Kamis (17/12/2015).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif