Otomotif
Rabu, 16 Desember 2015 - 12:30 WIB

MOBIL DIESEL : Polusi Tinggi, India Larang Mobil Diesel Beroperasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lalu lintas New Delhi. (Indianexpress.com)

Mobil diesel tidak lagi dijual di India mulai 2016.

Solopos.com, NEW DELHI – Mobil diesel bakal sulit dijumpai di New Delhi, India. Sebab mulai tahun depan, India melarang mobil tanpa busi itu beredar. Hal itu akibat dari tingginya tingkat polusi di New Delhi yang sangat mengkhawatirkan.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoevolution, Senin (15/12/2015), peraturan itu akan disahkan oleh Mahkamah Agung India dan diterapkan mulai 6 Januari 2016. Tetapi larangan penggunaan mobil diesel itu akan dilakukan secara bertahap.

Di tahun pertama, mobil diesel yang telanjur dimiliki masih diperbolehkan melintas. Akan tetapi pemerintah akan membagi jadwalnya berdasarkan ganjil-genap pelat nomor mobil. Sementara itu penjualan mobil diesel secepatnya akan benar-benar dihentikan.

Sebagai gantinya, pemerintah India berjanji akan menyiapkan armada bus tambahan yang dapat digunakan secara gratis.

Advertisement

Menurut data World Health Organization (WHO), polusi di New Delhi telah mencapai 40 kali ambang batas yang direkomendasikan. Disebutkan pula polusi tersebut menyebabkan 600.000 orang meninggal di usia muda dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi New Delhi bukan satu-satunya kota di India dengan tingkat polusi berbahaya. Setidaknya ada 13 kota lain dari total 20 kota yang tingkat polusinya berada di atas batas wajar.

Seperti diketahui, mobil diesel selama lebih dari satu dekade selalu menjadi mobil terlaris di India. Alasannya tidak lain karena memang harga mobil diesel lebih murah ketimbang mobil bermesin bensin.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif