News
Selasa, 15 Desember 2015 - 06:30 WIB

KABINET KERJA JOKOWI-JK : Jokowi Ingin Setneg, Setkab, dan KSB Jadi Teladan Reformasi Birokrasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mensesneg Pratikno (ugm.ac.id)

Kabinet Kerja Jokowi-JK diharapkan Jokowi menjadi teladan dalam reformasi birokrasi.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta tiga instansi yaitu Setneg, Setkab, dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menjadi contoh bagi instansi lain terutama dalam reformasi birokrasi.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam acara pencanangan zona integritas dan wilayah bebas korupsi di lingkungan Kementerian Setneg di Jakarta, Senin (14/12/2015). “Ini memang berat karena cakupan Kementerian Setneg sangat luas,” kata dia.

Pratikno menyebutkan Setneg mengelola istana kepresidenan yang tersebar di sejumlah daerah, juga mengurusi Gelora Bung Karno, dan eks Bandara Kemayoran.”Urusan internal juga cukup besar dan bervariasi mulai urus UU, PP, sampai urus kendaraan,” tambah dia.

Ia menyebutkan pihaknya berusaha keras melakukan deregulasi dan debirokratisasi.

Advertisement

“Kami berusaha meminimalkan risiko penurunan kualitas layanan publik antara lain dengan pengembangan layanan elektronik,” beber Pratikno dalam acara yang dihadiri Menpan RB Yuddhy Chrisnandi, Pimpinan KPK Adnan Pandupraja, dan perwakilan Ombusdman RI.

Ia mengungkapkan upaya reformasi di Setneg sudah dimulai sejak tahun 2005. Lima instansi setingkat menteri disederhanakan menjadi tinggal beberapa instansi saja.

Pencanangan zona integritas dan wilayah bebas korupsi di lingkungan Setneg itu diikuti penandatanganan piagam pencanangan zona integritas dan wilayah bebas korupsi.

Advertisement

Reformasi birokrasi di Setneg telah berhasil dilaksanakan melalui beberapa program yaitu dari sisi kelembagaan berupa perampingan dan penajaman tugas dan fungsi.

Dari sisi SDM, kata dia, telah dilakukan perekrutan CPNS 2013 secara terbuka, promosi terbuka pejabat eselon satu dan dua, dan penilaian kepegawaian secara 360 derajat.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif