News
Senin, 14 Desember 2015 - 06:30 WIB

PENDIDIKAN SOLO : Akper Mamba’ul ‘Ulum akan Berubah Jadi Stikes

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembicara dari UMS, Kun Harismah (berdiri) menyampaikan materi tentang peluang perguruan tinggi mendapatkan dana hibah, saat mengisi pelatihan yang digelar Akper Mamba’ul ‘Ulum Solo di Hotel Arini Syariah, Solo, Minggu (13/12/2015). (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)

Pendidikan Solo yakni Akper Mamba’ul ‘Ulum akan berganti status menjadi Stikes.

Solopos.com, SOLO – Akademi Keperawatan (Akper) Mamba’ul ‘Ulum Solo akan beralih status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mamba’ul ‘Ulum. Pengajuan berkas alih status telah dilakukan beberapa waktu lalu ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Advertisement

Direktur Akper Mamba’ul ‘Ulum Solo, Rejo, mengungkapkan alih status bertujuan untuk penguatan kelembagaan perguruan tinggi. Nantinya Stikes Mamba’ul ‘Ulum akan memiliki tiga program studi, yaitu Prodi D3 Keperawatan, D3 Kebidanan dan S1 Farmasi.

“Setelah menjadi Stikes, Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum yang selama ini berdiri sendiri, akan melebur menjadi satu dengan Akper menjadi Stikes,” ungkapya saat ditemui di sela-sela acara Workshop Peningkatan Manajemen Kinerja yang digelar Akper Mamba’ul ‘Ulum Solo di Hotel Arini Syariah, Minggu (13/12/2015).

Ia menargetkan status baru sebagai Stikes Mamba’ul ‘Ulum akan diperoleh pada 2016. Menurutnya target itu sangat realistis karena pengajuan berkas telah dilakukan dan kini sedang masa revisi berkas.

Advertisement

“Sekarang prosesnya semua online. Biasanya asalkan berkasnya lengkap, tiga bulan berikutnya sudah keluar izin,” kata dia.

Terkait penyelenggaraan workshop, terangnya, diikuti sekitar 35 tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Akper Mamba’ul ‘Ulum Solo. Workshop dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja seluruh komponen Akper Mamba’ul ‘Ulum agar lebih siap menyongsong masa depan yang lebih baik.

Penyelenggaraan workshop, terangnya, juga bertujuan menyiapkan institusi, terutama Prodi D3 Keperawatan agar meraih nilai akreditasi lebih baik. Berdasarkan penilaian tim akreditasi, D3 Keperawatan Akper Mamba’ul ‘Ulum Solo baru saja meraih nilai akreditasi B dengan poin 324.

Advertisement

Pengumuman nilai akreditasi baru diterima pertengahan November. Sebelumnya, D3 Keperawatan meraih nilai akreditasi B dengan nilai 304. “Akreditasinya sama masih B, tapi ada peningkatan nilai. Kita berharap ke depan nilainya akan lebih baik lagi bahkan bisa meraih akreditasi A” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif