Otomotif
Minggu, 13 Desember 2015 - 11:30 WIB

TIPS OTOMOTIF : Musim Hujan, Pastikan Rem Mobil Bebas Kotoran

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rem cakram mobil. (Caranddriver.com)

Tips otomotif kali ini tentang menjaga kebersihan dan fungsi rem mobil.

Solopos.com, JAKARTA – Selain alur kembangan ban, bagian lain pada mobil yang perlu diperhatikan saat musim hujan adalah kebersihan dan fungsi rem. Tips otomotif itu dipaparkan langsung oleh pereli nasional Rifat Sungkar.

Advertisement

Pemilik sekolah mengemudi Rifat Drive Labs Jakarta itu mengataka, ketika musim hujan mobil kerap melewati genangan air. Saat itulah ada kemungkinan lumpur juga ikut terciprat dan menempel di cakram rem.

Dia menambahkan jika tidak segera dibersihkan, lumpur akan kering dan mengeras. Dampak paling ringan adalah rem menjadi berisik dan berdecit saat digunakan. Sedangkan dampak paling fatal adalah cakram tergores dan rem menjadi macet atau gagal berfungsi.

”Perpindahan musim panas ke hujan, biasanya masalah yang terjadi berkaitan dengan rem macet. Ini disebabkan debu yang nyangkut di dalam hub roda, jadi lumpur kena air yang enggak semuanya terbuang,” papar Rifat sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Sabtu (12/12/2015).

Advertisement

Menurutnya, pembersihan rem cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Akan tetapi jika goresan pada cakram sudah terlalu banyak hingga menyebabkan permukaannya bergelombang, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

”Piringan yang tergores kemungkinan butuh diganti kalau goresannya sudah tidak bisa dihilangkan,” imbunya.

Dihimpun Solopos.com dari sejumlah situs jual beli online, cakram after market alias non-orisinal untuk mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) dijual di kisaran Rp300.000 hingga Rp500.000-an per buah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif