Lifestyle
Minggu, 13 Desember 2015 - 09:00 WIB

TIPS KULINER : Simak Kriteria Beras yang Cocok Buat Bubur

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bubur Seafood (JIBI/Harian Jogja/Grand Zury Malioboro Yogyakarta)

Tips kuliner kali ini mengulas soal beras yang sesuai untuk dimasak jadi bubur.

Solopos.com, SOLO — Bubur menjadi salah satu menu andalan saat sarapan. Tekstur lembut bubur membuatnya bisa dikonsumsi oleh siapa saja, baik yang sedang sakit atau sehat. Tapi tahukah Anda? untuk menghasilkan bubur yang enak, Anda harus memilih beras yang tepat.

Advertisement

Diungkapkan Chef Jajang Effendi dari Restoran Bubur Kwang Tung Jakarta, untuk menghasilkan bubur nasi yang bagus, baik dari warna, tekstur maupun rasa, ada hal yang paling memengaruhi, yaitu faktor pemilihan bahan baku. Ia mengatakan, jenis beras pulen paling cocok untuk membuat bubur.

“Berasnya harus yang pulen. Enggak bisa bikin bubur kalau pakai beras yang pera. Kalau pulen nanti buburnya hasilnya bagus, lembut dan bulirnya juga hancur rata,” jelas Chef Jajang sebagaimana dilansir Okezone, Sabtu (12/12/2015).

Jika nekat menggunakan beras pera sebagai bahan baku bubur maka hasilnya akan bergumpal. “Enggak akan bisa jadi kalau pakai beras pera, nanti buburnya patah-patah dan enggak bisa menyatu. Teksturnya juga akan ada banyak yang bergumpal,” pungkas Chef Jajang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif