Otomotif
Minggu, 13 Desember 2015 - 10:15 WIB

MODIFIKASI MOBIL : Bikin Mobil Ceper, Pilih Potong Per atau Beli Custom?

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panitia mengukur tinggi mobil saat kompetisi Car Limbo di Alun-alun Selatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (7/9/2014). Perlombaan mobil ceper tersebut diikuti oleh sekitar 25 peserta yang berasal dari Soloraya. (JIBI/Solopos/Dok)

Modifikasi mobil ceper lebih murah dengan cara potong per.

Solopos.com, JAKARTA – Tren modifikasi mobil ground clearance rendah alias ceper memang tak ada matinya. Cara membuatnya mobil ceper bisa dengan memotong per bawaan atau membeli per custom baru. Tetapi hasil akhirnya kira-kira bagus mana?

Advertisement

Hidayat, seorang pemilik bengkel per custom di Jakarta mengatakan potong per maupun membeli per custom punya untung-rugi masing-masing. Menurutnya, cara paling murah memodifikasi mobil menjadi ceper adalah dengan cara memotong per.

“Potong per lebih murah, biayanya paling cuma Rp300.000. Harga ini berlaku untuk semua jenis dan merek mobil,” papar Hidayat sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Sabtu (12/12/2015).

Meski harganya murah, membuat mobil ceper dengan memotong per memerlukan waktu relatif lebih lama. Sebab memotong per tidak boleh asal, perlu ketelitian untuk melakukan penyetelan supaya mobil tetap nyaman dan tidak membahayakan.

Advertisement

“Kalau potong per harus bisa nyetelnya, tidak bisa main potong. Karet stopper di dalamnya harus pas,” imbuh dia.

Memotong per bawaan pabrik, kata dia, berarti mempertaruhkan orisinalitas mobil. Hal itu tentu memengaruhi nilai mobil jika hendak dijual kembali.

Akan tetapi jika tidak ingin mengambil risiko itu, Hidayat menyarankan pemilik mobil membeli per custom. Keuntungannya, per custom dapat disesuaikan dengan ukuran pelek yang digunakan. Penyesuaian itu berguna supaya mobil tidak amblas atau terlalu ceper.

Advertisement

Akan tetapi untuk menebus per custom, dana yang dikeluarkan tentu lebih tinggi ketimbang memotong per. ”Kurang lebih ganti per Rp1 juta kalau pakai per custom,” ujar Hidayat.

Urusan kenyamanan, lanjut Hidayat, jelas per custom lebih nyaman. Akan tetapi jika teknisi bengkelnya berpengalaman, modifikasi mobil ceper dengan memotong per juga tidak kalah nyaman.

”Jika ingin membuat mobil ceper yang terpenting itu settingannya, Ini tujuannya supaya enak dan nyaman saat dipakai,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif