News
Sabtu, 12 Desember 2015 - 00:10 WIB

TEROR ISIS : Serangan Udara AS Bunuh Kepala Keuangan ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan udara (en.trend.az)

Teror ISIS menghantui dunia. AS bertekad menghancurkan ISIS di Irak dan Suriah dengan serangan udara.  

Solopos.com, SOLO – Amerika Serikat menyebut kepala keuangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Saleh tewas dalam serangan udara gabungan. Tewasnya Abu Saleh menjadi sebuah kemajuan pesat dalam usaha menghancurkan keuangan aliran pegaris keras.

Advertisement

Abu Saleh terbunuh pada akhir November 2015. Juru bicara militer Amerika Serikat, Kolonel Steve Warren, dalam konferensi video dari Baghdad, menyebutnya Abu Saleh adalah salah satu anggota penting dan berpengalaman dari tata keuangan kelompok itu.

Warren menambahkan Abu Saleh adalah anggota ketiga jaringan keuangan kelompok itu. Warren menyamakannya dia dengan menteri keuangan bagi kelompok ekstremis tersebut.

Abu Saleh terbunuh beserta dua rekannya dalam serangan gabungan pimpinan Amerika Serikat untuk menghancurkan prasarana keuangan kelompok itu, kata duta Washington untuk pertempuran melawan kelompok bersenjata ISIS, Brett McGurk.

Advertisement

Dilansir Antara dari Reuters, Jumat (11/12/2015), Abu Saleh yang memiliki nama asli Muwaffaq Mustafa Muhammad al-Karmush disebut sebagai seorang warga negara Irak berusia 42 tahun oleh daftar teroris Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Negara sekutu menyasar pemimpin kelompok bersenjata ISIS di Suriah dan Irak dengan menggunakan serangan udara untuk mencoba memilih struktur komandonya.

Setelah adanya serangan di Paris bulan lalu, Amerika Serikat mengatakan mereka meluncurkan sebuah unit operasi khusus di Irak yang akan mampu menyusun serangan ke dalam Suriah untuk menangkap atau membunuh para pemimpin kelompok bersenjata ISIS.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif