Soloraya
Jumat, 11 Desember 2015 - 20:30 WIB

FLY OVER PALUR : Mengejar "Metropolitan" Mini di Fly Over Palur

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pekerja memasang PJU di dekat ujung timur fly over Palur, Karanganyar, Kamis (10/12/2015) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Fly over Palur telah selesai dibangun. Belum cukup, proyek masih berlanjut untuk memberi make up “metropolitan” pada satu-satunya fly over di Soloraya itu.

Solopos.com, KARANGANYAR — Mega proyek fly over Palur yang menelan anggaran hingga Rp107 miliar memang telah selesai pembangunannya akhir November 2015. Namun, aktivitas fisik di lokasi proyek satu-satunya fly over di kawasan Soloraya tersebut belum usai.

Advertisement

Salah satunya, pekerja membuat taman mini di persimpangan antara jalur dari Solo, Sragen, dan Karanganyar. Tanaman hijau berhiaskan bunga menjadi pesona tersendiri fly over Palur. Nuansa alam juga tersirat dari susunan batu andesit di dinding fly over.

Tak hanya itu, sebagian trotoar juga menggunakan komponen batu andesit hijau. Penggunaan batu andesit memberi kesan alami, sekaligus wah kepada fly over. Yang terbaru kontraktor memasang penerangan jalan umum (PJU) di kanan-kiri fly over.

Tiang-tiang PJU yang tinggi menjulang dengan lengkungan di bagian atas memberi kesan metropolis. Tak semua orang tahu lokasi tersebut ada di Soloraya. Saat deretan lampu itu dinyalakan pada malam hari, deretan lampu itu akan menjadi pesona tersendiri.

Advertisement

Pengawas proyek Fly Over Palur, Satijo, mengatakan dibandingkan fly over lain, fly over Palur punya nilai lebih. Selain konstruksinya yang kuat dan modern, desain fly over Palur mengakomodasi nilai-nilai estetika, dengan memasukkan unsur alami. “Sebenarnya tergantung desain awal dan kekuatan anggarannya. Tapi pengalaman saya, fly over Palur ini bisa dibilang punya nilai lebih di aspek estetika. Bandingkan saja dengan fly over Jombor atau fly over Janti, Jogja,” tutur Satijo, Jumat (11/12/2015).

Dia menjelaskan pekerjaan pokok fly over Palur sudah rampung akhir November 2015. Tapi setelah itu pihaknya masih mengerjaan beberapa item pendukung, seperti pemasangan PJU, pembuatan taman, marka jalan, jaringan listrik dan air, serta fasilitas lain.

Satijo menerangkan pemasangan PJU baik di fly over maupun di jalan bawah, sudah rampung. Sebanyak 106 PJU desain asli Ditjen Bina Marga telah berdiri menjulang. “Pemasangan PJU cukup rapat. Kalau malam fly over bakal terang sekali,” imbuh dia.

Advertisement

Satijo memastikan dalam waktu dekat pembuatan fasilitas pendukung fly over Palur, rampung. Tapi dia mengaku belum mendapat informasi terkait rencana peresmian maupun teknis pengoperasian fly over. “Belum, belum ada informasi peresmian,” kata dia.

Terpisah, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, mengatakan Pemkab telah mengusulkan peresmian fly over Palur dilakukan 23 Desember 2015. Pemkab juga mengusulkan peresmian fly over dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usulan tersebut disampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beberapa waktu lalu. “Belum tahu kepastiannya seperti apa. Yang jelas kami sudah usulkan seperti itu. Tahun ini fly over Palur mesti diresmikan dan dioperasikan,” ujar dia.

Lebih jauh Rohadi berharap keberadaan fly over Palur menjadi solusi kemacetan di perlintasan kereta api Palur. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga meminta instansi terkait segera berkoordinasi ihwal peresmian dan pengoperasian fly over.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif