News
Jumat, 11 Desember 2015 - 16:55 WIB

BEASISWA PENDIDIKAN UNS : Penerima Bidikmisi UNS Bertambah 75 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (bidikmisi.dikti.go.id)

Beasiswa pendidikan UNS, dari pengajuan 200 mahasiswa, Kemenristek dan Dikti menyetujui penambahan penerima menjadi 75 orang.

Solopos.com, SOLO–Dari tambahan 200 orang yang telah diajukan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo untuk mendapatkan beasiswa dari Program Bidikmisi 2015 ini, hanya disetujui sebanyak 75 orang. Namun sisanya, sebanyak 125 orang masih berkesempatan mendapatkan beasiswa itu jika ada mahasiswa penerima beasiswa UNS yang mengundurkan diri.

Advertisement

Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS, Darsono, menjelaskan jumlah mahasiswa baru penerima beasiswa Program Bidikmisi tahun akademik 2015/2016 total 1.350 mahasiswa, termasuk di antaranya pengajuan tambahan yang disetujui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebanyak 75 orang.

“Tapi beasiswa untuk yang tambahan sebanyak 75 mahasiswa itu belum cair bersamaan dengan yang lainnya, karena masih proses,” jelasnya saat diwawancarai wartawan di Kampus UNS, Jumat (12/12/2015).

Sementara bagi 125 mahasiswa yang tidak masuk, menurut Darsono, masih tetap ada peluang. Peluang itu didapat dari mereka mahasiswa yang telah tercatat sebagai penerima beasiswa Program Bidikmisi mengundurkan diri dari UNS.

Advertisement

“Berdasarkan pengalaman, memang ada yang mengundurkan diri, meskipun hanya beberapa. Seperti tahun akademik kali ini, juga ada beberapa, paling banyak belasan mahasiswa,” ungkapnya.

Namun terkait peluang tersebut, Darsono mengatakan ada tahapannya, yaitu pendataan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang mengundurkan diri, kemudian pengisian terhadap kekosongan.

“Untuk pengisian tetap didasarkan pada rangking nilai dan tingkat kemiskinan,” terangnya.

Advertisement

Darsono mengatakan dalam wisuda sarjana UNS yang digelar Sabtu (5/12/2015) lalu, tercatat ada 79 mahasiswa penerima beasiswa Program Bidikmisi yang telah diwisuda, 27 orang di antaranya mendapat predikat cumlaude.

Terpisah, Wakil Rektor (WR) I (Bidang Akademik), Sutarno, mengemukakan sejak para mahasiswa tersebut memulai studi di UNS, harus mempersiapkan diri agar bisa menyelesaikan studi selama 4 tahun, yakni dalam 8 semester. Diharapkan mereka lulus pun dengan nilai yang baik.

“Selain merampungkan studi dalam 8 semester, tentunya diharapkan pula nilai yang diperoleh juga baik,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif