News
Kamis, 10 Desember 2015 - 14:40 WIB

UJI KOMPETENSI GURU SOLO : 3 Sekolah TUK Siap Fasilitasi UKG Susulan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi UKG (JIBI/dok)

Uji kompetensi guru Solo, tiga sekolah menyiapkan fasilitas UKG susulan.

Solopos.com, SOLO–Tiga tempat uji kompetensi (TUK) untuk 980 guru di Kota Solo yang akan mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) Susulan 2015 mulai Jumat (11/12/2015) ini, dipastikan siap. Ketiga TUK tersebut masing-masing berlokasi di SMA Negeri (SMAN) 4, SMPN 1, dan SMPN 4.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Sulardi, menyebutkan, sebanyak 980 guru yang dijadwalkan mengikuti UKG susulan tersebut akan dibagi di tiga TUK, masing-masing sebanyak 326 guru melaksanakan UKG di SMAN 4, 327 guru di SMPN 1, dan 327 guru di SMPN 4. Ujian dijadwalkan hingga Selasa (15/12/2015).

Sulardi menyatakan masing-masing sekolah yang ditunjuk sebagai TUK sudah siap memfasilitasi pelaksanaan UKG susulan tersebut dengan berbagai sarana dan prasarana yang ada, termasuk pengawas dan teknisi atau operator.

“Di setiap TUK tersebut cukup menggunakan satu laboratorium komputer, tidak ada yang sampai menggunakan dua komputer. Dengan tiga sesi ujian dalam sehari, jumlahnya sudah mencukupi. Untuk teknisi juga rata-rata hanya satu orang dan merupakan petugas dari sekolah yang ditunjuk,” terang Sulardi ketika ditemui wartawan di Kantor Disdikpora Solo, Kamis (10/12/2015).

Advertisement

Dengan diadakannya UKG susulan tersebut, Sulardi berharap para guru yang sudah masuk dalam daftar sebagai peserta dapat mengikuti ujian tersebut dengan baik. Pihaknya mengimbau kepada para guru jangan sampai absen mengikuti ujian tersebut jika tidak ada alasan yang jelas atau sangat mendesak.

“Kami imbau jangan sampai tidak hadir. Karena ini kan untuk kepentingan para guru juga. Kalau sampai tidak hadir kan tidak bisa digantikan orang lain, dan harus menunggu pelaksanaan UKG tahun depan,” tambah dia.

Dihubungi terpisah, Kepala SMAN 4 Solo, Thoyibun, menyatakan sekolah tersebut siap memfasilitasi pelaksanaan UKG susulan. Setidaknya ada 48 komputer yang siap digunakan para guru untuk UKG. “Sudah siap semua. Yang digunakan hanya satu lab,” katanya.

Advertisement

Thoyibun memastikan pelaksanaan UKG susulan tidak akan mengganggu aktivitas di SMAN 4, menyusul telah selesainya masa Ujian Akhir Semester (UAS) I Tahun Ajaran 2015/2016.  “Jadwal UAS sudah selesai jadi penyelenggaraan UKG tidak akan mengganggu kegiatan sekolah,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif