Lifestyle
Kamis, 10 Desember 2015 - 22:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Cara Mudah Hilangkan Pestisida di Buah dan Sayur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan buah (healtyfood.life)

Tips kesehatan mengajari bagaimana mencuci buah dan sayur agar aman dikonsumsi.

Solopos.com, SOLO — Buah dan sayur merupakan makanan yang wajib dikonsumsi bagi Anda yang ingin hidup sehat. Tapi, kandungan pestisida berbahaya yang menempel pada buah dan sayur justru mengancam kesehatan Anda.Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Advertisement

Ada beberapa cara mudah menghilangkan pestisida di buah dan sayur yang bisa Anda lakukan saat proses pencucian. Berikut beberapa caranya seperti dilansir Boldsky.com, Kamis (10/12/2015):

Menambahkan Cuka
Cuka adalah salah satu bahan yang paling ampuh pembunuh kuman dan pestisida di sayur dan buah-buahan. Caranya, isi wastafel dengan air, tambahkan satu cangkir cuka putih ke wastafel. Cuci buah dan sayuran Anda ke dalam wastafel tersebut.

Tambahkan Bubuk Kunyit
Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membunuh kuman. Tambahkan lima sendok teh bubuk kunyit ke dalam air yang sudah direbus. Bilas sayuran dan buah-buahan ke dalam air kunyit tadi untuk menghilangkan bakteri.

Advertisement

Air Garam
Air garam dapat membunuh pestisida dengan cepat. Tuangkan sedikit garam ke dalam wadah berisi air bersih. Tuangkan sayur dan buah ke dalam wadah tersebut lalu biarkan selama 10 menit. Setelah direndam, cuci buah dan sayur dengan air bersih.

Kupas Kulitnya
Cara paling tepat memcuci buah adalah dengan mengupas kulitnya. Cara ini dikenal paling tepat untuk membersihkan pestisida berbahaya yang menempel pada buah. Sebelum mengonsumsi buah, ada baiknya Anda mengupas kulitnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif