News
Kamis, 10 Desember 2015 - 22:50 WIB

JASA ANGKUT KENDARAAN : Musim Wisuda, Pengiriman Sepeda Motor dan Mebel Melalui KA Melonjak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Konsumen mengecek kendaraan yang akan dikirim melalui jasa angkutan kereta api, Kamis (10/12/2015). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Jasa angkut kendaraan mengalami kenaikan menjelang akhir tahun.

Solopos.com, SOLO–Menjelang akhir tahun, sejumlah penyedia jasa pengiriman barang melalui kereta api (KA) melonjak hingga dua kali lipat. Mayoritas permintaan pengiriman berupa sepeda motor dan mebel dari mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah di Solo.

Advertisement

Penanggung jawab PT Herona Express, Pratiwi Adi Setyorini, mengatakan permintaan pengiriman sepeda motor per hari bisa mencapai sepuluh unit kendaraan. Padahal, biasanya belum tentu ada permintaan pengiriman kendaraan.

“Paket sepeda motor ini cukup banyak karena belum lama ini beberapa perguruan tinggi menggelar wisuda, jadi mahasiswa yang lulus langsung pulang dan mengirim barang mereka kembali ke rumah,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di gerai setempat yang ada di Solo, Kamis (10/12/2015).

Tujuan pengiriman ke beberapa daerah, seperti Jakarta, Jember, Probolinggo, dan Bandung. Selain sepeda motor, permintaan pengiriman mebel yang biasa digunakan mahasiswa selama berada di indekos juga meningkat.

Advertisement

“Permintaan mebel meningkat, tetapi perangkat mebel yang ringkas yang bisa dicopot dan dilipat,” katanya.

Sementara, pengiriman barang menyambut hari Natal dan Tahun Baru 2016 masih terlihat sepi. Anggota staf administrasi CV Karya Indah Delapan Express, Priyani, memperkirakan permintaan pengiriman barang melonjak beberapa hari menjelang Natal.

“Paket untuk Natal dan tahun baru masih normal dan belum banyak. Kemungkinan beberapa hari menjelang Natal akan mulai ramai,” ungkapnya kepada Solopos.com, Kamis.

Advertisement

Saat ini pengiriman paket masih didominasi sepeda motor. Menurutnya, hal itu dipengaruhi musim libur panjang mahasiswa dan musim wisuda. Tarif pengiriman sepeda motor bervariasi, mulai Rp200.000/unit hingga Rp500.000/unit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif