News
Kamis, 10 Desember 2015 - 08:40 WIB

BEASISWA PENDIDIKAN : Waspada, Simak Empat Tanda Beasiswa Palsu

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi beasiswa. (anomharya.web.id)

Beasiswa pendidikan kali ini menampilkan ciri-ciri penipuan pendidikan.

Solopos.com, SOLO — Dewasa ini banyak penawaran beasiswa pendidikan dari pelbagai sumber. Tapi jangan mudah percaya karena ada penipuan berkedok beasiswa.

Advertisement

Dilansir Okezone, Rabu (9/12/2015), berikut beberapa tanda beasiswa palsu.

1. Diminta Membayar/Transfer
Seperti penipuan pada umumnya, jangan pernah terhasut dengan penawaran beasiswa yang memintamu untuk menransfer sejumlah uang, baik dengan alasan untuk biaya pendaftaran atau administrasi.

2. Ditawari Beasiswa
Mendapat beasiswa itu memang mudah, tapi bukan secara cuma-cuma tanpa usaha dan persyaratan yang harus dipenuhi. Apalagi, kalau kamu tidak pernah merasa mendaftar tetapi tiba-tiba mendapat penawaran dengan persyaratan yang mudah. Ingat, beasiswa bukan uang yang jatuh dari langit, jadi hati-hati dalam menerima tawaran yang ada.

Advertisement

3. Diteror Pemberi Beasiswa
Jika kamu mendapat e-mail atau telepon yang menawarkan beasiswa secara terus-menerus, jangan mudah percaya. Selidiki dahulu dari mana institusi tersebut dan atas dasar apa mereka memilihmu menjadi kandidat penerima beasiswa. Apalagi, jika kamu diberi batas waktu yang tak masuk akal untuk mendaftar, seperti dalam waktu sekian jam saja.

4. Formulir Tidak Jelas
Perhatikan formulir saat mendaftar beasiswa, terutama jika beasiswa tersebut tidak kamu dapatkan dari laman resmi suatu institusi. Jangan percaya pada pemberi beasiswa yang mau mengisikan formulirmu. Sebab, jika hal tersebut dilakukan, penipu tersebut akan mengetahui data pribadimu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif