Soloraya
Rabu, 9 Desember 2015 - 20:00 WIB

HASIL PILKADA SRAGEN 2015 : Aroma Kekalahan, Quick Count Jaka Sumanta Konfirmasi Keunggulan Yuni-Deddy

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas (tiga dari kanan) menyerahkan tanda terima pendaftaran cabup-cawabup Sragen kepada pasangan Jaka Sumanta-Surojogo (Jago) Selasa (28/7/2015). Surojogo berdiri nomor lima dari kiri (mengenakan blangkon). (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Hasil Pilkada Sragen 2015 memang belum resmi diketahui. Namun, hasil sementara quick count Jaka Sumanta mengonfirmasi kemenangan Yuni-Dedy.

Solopos.com, SRAGEN — Hasil penghitungan suara Pilkada Sragen masih belum usai. Namun, aroma kekalahan sudah tercium dari salah satu pasangan calon meskipun hasil resmi belum keluar.

Advertisement

Wajah-wajah tegang terlihat di kediaman Jaka Sumanta, di Desa Jati, Sumberlawang, Sragen. Ratusan warga berkumpul di halaman dan di ruang tamu rumah calon bupati Sragen nomor urut 4 itu. Baca: Sugiyamto Sudah Ucapkan Selamat ke Yuni-Deddy.

Sebuah layar proyektor terpasang di ruang tamu. Warga dudu lesehan menyaksikan pergerakan angka perolehan suara yang di-input dari para saksi yang disebar di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Meski ada banyak orang, suasana di ruang tamu itu begitu hening. Sesekali terdengar suara saling bisik di antara mereka. “Di Sumberlawang saja kita kalah,” bisik seorang dari mereka.

Tak lama kemudian, Jaka Sumanta yang sedari tadi berada di dalam kamar akhirnya keluar. Mengenakan baju batik warna cokelat tua, berpeci hitam lengkap dengan tasbih di genggaman, Jaka berdiri cukup lama di depan kamar sembari mencermati hasil hitung cepat melalui layar proyektor.

Advertisement

Para pendukungnya yang tetap terdiam seolah menunggu respons dari Jaka Sumanta. Mengetahui adanya ketegangan di benak para pendukungnya, Jaka Sumanta angkat bicara.

“Seperti yang bisa kita lihat, posisi kita tertinggal. Masih ada harapan. Tetapi berat. Lawan kita masih jauh keunggulannya. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin. Kita berharap masih bisa berubah,” kata Jaka yang langsung dijawab serentak dengan kata “Amin” oleh para pendukungnya.

Sejenak Jaka berhenti bicara. Dia tetap berdiri sambil terus bertasbih. Tak lama kemudian, dia melanjutkan bicaranya.

Advertisement

“Perjuangan tidak boleh berhenti. Perolehan suara yang terhitung baru 186.493 dari jumlah DPT 778.684. Jadi, yang bisa dihitung baru kurang dari 1/3. Masih ada peluang. Mudah-mudahan masih ada kabar baik dari perhitungan di TPS yang belum masuk. Tapi, bagaimanapun hasilnya, kita berharap itu yang terbaik untuk Sragen,” kata Jaka yang juga disambut kata “Amin” dari pendukungnya.

Berdasar hitung cepat yang dilakukan Tim Sukses Pasangan Jaka Sumanta-Surojogo (Jago), hingga pukul 15.59 WIB, pasangan Yuni-Dedy unggul. Wakil Ketua Tim Sukses Pasangan Jago, Rus Utaryono, mengaku belum mendapat hasil rekapitulasi hitung cepat yang dilakukan relawan di rumah Jaka Sumanta. Hingga pukul 18.36 WIB, kata dia, proses input data belum selesai.

Hasil hitung cepat Jago:

Yuni-Dedy: 75.505 suara
Amanto: 68.842 suara
Suko: 24.281 suara
Jago: 19.870 suara

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif