News
Selasa, 8 Desember 2015 - 16:40 WIB

PENCATUTAN NAMA JOKOWI : Menkumham Pastikan Riza Chalid Tak Berada di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Riza Chalid (Istimewa/Youtube)

Pencatutan nama Jokowi, Menkumham menyatakan Riza Chalid berada di luar negeri.

Solopos.com, BOGOR–Pengusaha Reza Chalid sedang ramai dibicarakan lantaran ketidakhadirannya dalam sidang Mahkamah Kehormatan Dewan terkait kasus permintaan saham PT Freeport Indonesia.

Advertisement

Polri disebut-sebut sedang mencari keberadaann Reza. Diperkirakan Reza tidak berada di Indonesia. Hal itu dikuatkan oleh pernyataan Menteri Hukum  dan HAM Yasonna Laoly di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (8/12/2015).

“Dia tidak di Indonesia. Pertama dia warga negara Indonesia, punya paspor di Indonesia tapi sudah tidak di Indonesia,” katanya seusai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna.

Yasonna menyebut bahwa Reza sudah meninggalkan Indonesia sejak empat hari yang lalu. Artinya kemungkinan saat berlangsung sidang MKD pekan lalu masih berada di Indonesia. Sejauh ini belum tahu diketahui keberadaan pastinya.

Advertisement

Yasonna menjelaskan status kewarganegaraan Reza adalah WNI. Tetapi sejauh ini belum ada koordinasi antara Kemenkumham dengan Polri terkait dengan pencarian Reza. “Itu kalau sudah ada [pencarian] pasti sudah kirim ke kita langsung, kalau tidak ada pasti tidak bisa,” jelas Yasonna.

Reza merupakan salah satu pengusaha yang terlibat dalam bukti rekaman pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sehubungan permintaan saham kepada PT Freport Indonesia.

Ia ikut dalam pertemuan bersama Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Setya dan Maroef sudah menghadiri sidang MKD tetapi Reza tidak menghadiri panggilan MKD.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif