Lifestyle
Senin, 7 Desember 2015 - 00:00 WIB

TIPS KESEHATAN : 4 Langkah Agar Tidak Tidur Berlebihan

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur dan bermimpi (Dailymail.com/Alamy)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang cara agar tidak tidur berlebihan.

Solopos.com, SOLO — Tidur terlalu lama bisa berdampak buruk untuk kesehatan Anda, seperti membuat tubuh mudah lelah. Lalu, bagaimana agar Anda terhindar dari kebiasaan buruk tersebut?

Advertisement

Dikutip Okezone dari Medicaldaily, Minggu (6 /12/2015), setidaknya ada empat cara agar Anda tidak tidur berlebihan.

Periksa Efek Samping Obat
Tidur berlebihan bisa disebabkan penggunaan obat-obatan tertentu. Bila Anda sedang menjalani pengobatan, konsultasikan efek samping dari penggunaan obat tersebut dengan dokter Anda. Bila memang ada efek kantuk yang membuat Anda tidur berlebihan, mungkin Anda bisa meminta untuk berhenti penggunaan.

Kurang Paparan Sinar Matahari
Beberapa orang pergi bekerja sebelum matahari terbit dan pulang larut. Paparan cahaya dan kegelapan berpengaruh bagi ritme sirkadian atau jam biologis alami kita. Bawalah diri Anda keluar agar mendapatkan sinar matahari pagi, atau tidur di tempat di mana cahaya pagi bisa menyinari Anda dan menjadi jam alarm sekunder Anda.

Advertisement

Taruh Alarm Jauh dari Tempat Tidur
Walau tampak sepele, ini bisa berguna bagi Anda yang mudah dibangunkan dengan suara berisik alarm. Letakkan alarm jauh dari jangkauan tangan Anda. Dengan demikian, Anda akan terdorong untuk bergerak dan ini akan otomatis memberi ledakan energi.

Tidur Tertib
Yang paling penting adalah membangun jadwal tidur yang tepat dan menaatinya. Anda harus disiplin. Bahkan ketika di akhir pekan, sebaiknya Anda menghindari tidur berlebihan. Tidur lama di akhir pekan bisa mengacaukan jadwal bangun di hari Senin berikutnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif