Entertainment
Senin, 7 Desember 2015 - 12:10 WIB

FILM DOKUMENTER : Senyap Jadi Film Dokumenter Terbaik di IDA 2015

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Film Senyap karya sutradara Joshua Openheimer (filsenyap[.com)

Film documenter Senyap berhasil peroleh penghargaan di IDA Documentary Award 2015.

Solopos.com, LOS ANGELES – Film kontroversial Senyap mendapat penghargaan internasional. Film yang juga berjudul The Look of Silence ini dianugerahi penghargaan Best Feature di ajang IDA Documentary Awards 2015.

Advertisement

Dilansir Detik, film besutan sutradara Joshua Openheimer itu bersaing dengan Amy yang bercerita tentang penyanyi Amy Winehouse karya Asif Kapadia. Di kategori yang sama ada film Listen To Me Marlon yang pembuatannya memakan waktu bertahun-tahun merekam sosok aktor Marlon Brando. Film itu merupakan karya sutradara Steven Riley seperti dikutip Deadline.

Senyap memfilmkan perjalanan satu keluarga penyintas untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana anak mereka dibunuh dan siapa yang membunuhnya dari rekaman yang dibuat oleh Joshua Oppenheimer. Adik bungsu korban, Adi Rukun, bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya.

Kemenangan film ini seperti melanjutkan film sebelumnya, Jagal (The Act of Killing) yang juga berprestasi di berbagai festival internasional. Sebelumnya, Senyap juga telah menuai prestasi membanggakan.
Film ini telah meraih 5 penghargaan di Festival Film Internasional Venezia 2014. Termasuk Penghargaan Utama Juri (Grand Jury Prize) dan FIPRESCI Award (Penghargaan Federasi Kritikus Film Internasional) sebagai film terbaik.

Advertisement

Eksistensi Senyap di ajang internasional tak sampai di situ saja. Perjalanannya masih berlanjut. Kini film yang kisahnya merekam kisah keluarga korban pasca peristiwa 1965 itu tengah masuk dalam pemilihan nominasi untuk ajang Oscar 2015 mendatang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif