News
Sabtu, 5 Desember 2015 - 15:50 WIB

PERDAGANGAN SATWA LANGKA : Bareskrim: Indonesia Lokasi Terbesar Perdagangan Ilegal di Asia Tenggara

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - MENYITA SATWA LANGKA

Perdagangan satwa langka, Indonesia menjadi lokasi terbesar kejahatan perdagangan ilegal satwa di Asia Tenggara.

Solopos.com, JAKARTA–Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Yazid Fanani mengatakan Indonesia menjadi lokasi kejahatan perdagangan ilegal satwa langka terbesar di Asia Tenggara, baik di pasar domestik maupun ekspor.

Advertisement

“Di Asia Tenggara [Indonesia] nomor satu. Karena Indonesia itu wilayahnya besar sendiri,” kata Yazid di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (5/12/2015). Menurutnya, tindak pidana perdagangan ilegal satwa langka termasuk ke dalam kejahatan transnasional.

Pihaknya juga menyatakan tren perdagangan ilegal satwa langka dan dilindungi, kini marak dilakukan lewat Internet.  “Sejauh ini penjualan lewat online memang meningkat, karena kan kalau melalui online konsumennya juga luas,” katanya. Untuk itu, pihaknya menggandeng tim dari Subdirektorat Cyber Crime Bareskrim Polri untuk pengawasan siber.

“Kami akan menggandeng Cyber Crime Mabes Polri untuk patroli siber. Kami bersama Tim Cyber Crime akan patroli parsial. Kami juga minta bantuan masyarakat ikut mengawasi. Termasuk kami akan beri pembelajaran ke masyarakat kalau penjualan hewan langka dan dilindungi itu ada regulasinya,” ujarnya.

Advertisement

Untuk mencegah ekspor satwa-satwa tersebut, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan kedubes negara-negara lain dan LSM pemerhati lingkungan. Hal ini merupakan upaya sosialisasi kepada masyarakat agar memahami bahwa perdagangan satwa langka melanggar UU sehingga masyarakat sebaiknya tidak ikut terlibat dalam kejahatan tersebut.

Sepanjang 2015, Yazid mengaku pihaknya telah berhasil mengungkap 23 kasus perdagangan satwa langka, dimana mayoritas perdagangannya dilakukan melalui online.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif