News
Sabtu, 5 Desember 2015 - 21:30 WIB

PAMERAN KOMPUTER SOLO : Apkomindo Perluas Pasar, Ini Bentuknya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua orang anggota staf Microsoft Indonesia mendemonstrasikan penggunaan Office 365 di Pameran YES 2015 di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Sabtu (5/12/2015). Pameran akhir tahun ini tidak hanya menyasar end user tapi juga pelaku usaha. (Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos)

Pameran komputer Solo, Apkomindo memfasilitasi kebutuhan teknologi bagi SMB.

Solopos.com, SOLO–Pameran Year End Sale (YES) 2015 yang digelar pada Rabu-Minggu (2-6/12/2015) oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Soloraya ini juga memfasilitasi kebutuhan teknologi bagi small medium business (SMB).

Advertisement

Ketua Panitia YES 2015, Dwi Cahya Putranto, mengatakan selama ini pameran banyak fokus memfasilitasi end user. Namun pada tahun ini, kebutuhan usaha kecil menengah (UKM), instansi, dan lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan dengan menggandeng brand ternama yang memiliki produk atau teknologi penunjang aktivitas perusahaan atau usaha konsumen. Menurut dia, banyak teknologi yang dikembangkan untuk membantu aktivitas perkantoran atau usaha tapi belum banyak diketahui konsumen.

Virtual Tecnology Solution Profesional PT Microsoft Indonesia, Yully Tri Witdiyanto, mengatakan permintaan software untuk mendukung kegiatan usaha di Solo masih memiliki peluang yang besar. Hal ini karena minimnya pengusaha yang tahu mengenai produk tersebut.

“Growth dari tahun ke tahun positif. Banyak instansi dan UMK yang sudah memanfaatkan, seperti toko, universitas, usaha manufaktur, dan lembaga kesehatan, seperti klinik atau rumah sakit. Biasanya yang menggunakan adalah perusahaan yang memiliki cabang,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Witdi ini saat ditemui di Pameran Apkomindo, Sabtu (5/12/2015).

Advertisement

Menurut dia, universitas biasanya digunakan untuk aplikasi pada computer based test (CBT) sedangkan lembaga kesehatan untuk mencocokkan data dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dia mengatakan tingginya pengguna ini juga didukung dengan kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk berlisensi.

Dia menjelaskan ada beberapa produk yang dimiliki, di antaranya adalah office 365 yang berbasis cloud one drive yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun. Software ini juga memungkinkan dua orang bekerja mengerjakan dokumen yang sama secara real time untuk dokumen dalam bentuk word maupun excel. Selain itu, teknologi ini juga memberi layanan berupa domain email perusahaan yang bersangkutan.

Advertisement

Microsoft Azure juga memberi tawaran penyimpanan data dengan harga sewa yang terjangkau.
“Bekerja sama dengan Apkomindo, kami melakukan seminar kecil untuk mengenalkan produk ini kepada pelaku usaha,” kata dia.

Partner Systems Engineer PT Cisco Systems Indonesia, Yohanes Budiarto S., mengatakan perusahaan ini juga menghadirkan produk untuk SMB, seperti video conference. Selain itu, ada juga layanan nomor extention yang bisa dihubungkan dengan HP sehingga memudahkan saat berkomunikasi untuk kepentingan kantor.

“Cisco selama ini banyak mengeluarkan produk high-end tapi saat ini juga ada produk untuk SMB dengan harga terjangkau menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif