Teknologi
Sabtu, 5 Desember 2015 - 12:00 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : Ini 5 Aplikasi Paling Aman di Android dan IOS

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aplikasi Telegram (Kaskus)

Aplikasi smartphone Android dan IOS paling aman ada lima. Apa saja?

Solopos.com, SOLO — Saat ini, fitur keamanan merupakan salah satu faktor penting dari aplikasi chatting. Sebab, dengan keamanan yang terjamin, sangat kecil kemungkinan pesan yang dikirimkan dapat diketahui pihak lain.

Advertisement

Hal itu lebih diutamakan apabila pesan tersebut rahasia dan sangat penting. Untuk itu, sejumlah pengembang aplikasi smartphone mengambil inisiatif untuk menghadirkan aplikasi chatting yang aman namun tetap mudah digunakan.

Di toko aplikasi Apple dan Google memang sudah terdapat beberapa aplikasi dengan spesifikasi demikian. Namun, untuk memudahkan Anda dalam memilih aplikasi yang paling cocok, berikut kami berikan daftar aplikasi smartphone teraman untuk platform IOS dan Android, seperti dikutip dari laman Phone Arena, Jumat (4/12/2015):

Advertisement

Di toko aplikasi Apple dan Google memang sudah terdapat beberapa aplikasi dengan spesifikasi demikian. Namun, untuk memudahkan Anda dalam memilih aplikasi yang paling cocok, berikut kami berikan daftar aplikasi smartphone teraman untuk platform IOS dan Android, seperti dikutip dari laman Phone Arena, Jumat (4/12/2015):

Signal

Sebagai pembuka, Signal merupakan aplikasi smartphone yang direkomendasikan oleh Edward Snowden, sang whistleblower. Tentu saja, Snowden tidak akan main-main dengan pernyataannya ini. Maka, dapat dipastikan Signal adalah aplikasi chatting yang diakui aman.

Advertisement

Telegram

Telegram mungkin dapat disebut sebagai aplikasi smartphone untuk chatting paling aman yang populer saat ini. Sering disebut sebagai pesaing Whatsapp, Telegram hadir dengan data center yang tersebar di seluruh dunia.

Hal ini disebut-sebut menyulitkan banyak pihak yang ingin melacak pesan yang dikirim. Selain itu, salah satu fitur menarik dari Telegram adalah kemampuan self-destruct atas pesan yang dikirim. Dengan cara ini, pesan yang dikirim tidak akan meninggalkan jejak di server.

Advertisement

Telegram juga dapat menyimpan secara aman pesan yang disimpan di cloud, sehingga pengguna dapat mengaksesnya sewaktu-waktu. Salah satu keunggulan lain dari Telegram adalah tidak ada batasan tentang ukuran dan panjang pesan.

Theerema

Theerema adalah aplikasi smartphone dari pengembang asal Jerman. Sama seperti aplikasi chatting aman lainnya, Theerema menggunakan teknologi enkripsi untuk semua jalur komunikasinya, seperti pesan, group chat, termasuk berkirim file.

Advertisement

Selain sebagai aplikasi chatting, Theerema juga dapat berfungsi layaknya sebuah mini media sosial. Terkait fitur keamanan, untuk berkomunikasi melalui Theerema pengguna dapat memverifikasi kontak dengan memindai QR code terlebih dahulu.

Wickr: Top-Secret Messenger

Wickr merupakan aplikasi smartphone yang lahir dari salah seorang peretas, Nico Sell. Awalnya, Wickr digunakan sebagai media berkirim pesan bagi para whistleblower agar pemerintah tidak dapat melihat pembicaraan tersebut.

Aplikasi smartphone Wickr disebut-sebut hadir dengan enkripsi pesan kelas militer. Dengan demikian, pesan akan diacak dan tidak ada pihak lain yang dapat mengidentifikasi pengirim pesan tersebut saat ada di server milik Wickr.

Aplikasi tersebut juga memiliki fitur self-destructing yang dapat diatur secara pribadi untuk masing-masing pesan. Tak hanya itu, Wickr hadir dengan tampilan dan proses persiapan yang sangat menarik.

ChatSecure

Sedikit berbeda dengan aplikasi smartphone sebelumnya yang punya tampilan menarik, ChatSecure dapat dikatakan kurang memiliki faktor tersebut. Sebab, tampilan ChatSecure terbilang agak monoton.

Kendati demikian, ChatSecure masih cukup nyaman untuk digunakan. ChatSecure merupakan aplikasi chatting rahasia berbasis open-source, sekaligus mendukung enkripsi OTR menggunakan XMPP.

Dengan berbasis open-source dan gratis, aplikasi ChatSecure dapat bekerja juga dengan platform yang mendukung OTR dan XMPP, seperti Adium, Jitsi, dan lainnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif