Otomotif
Jumat, 4 Desember 2015 - 11:40 WIB

MODIFIKASI MOBIL : Avanza Pakai Bahan Bakar Gas, Ngirit Tapi....

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bagasi Avanza habis untuk tabung CNG. (Liputan6.com)

Modifikasi mobil Avanza berbakar gas perlu Rp18 juta.

Solopos.com, JAKARTA – Toyota Avanza “minum” bensin tentu sudah biasa. Tetapi di Jakarta, ada yang memodifikasi mobil multi purpose vehicle (MPV) itu sehingga mampu mengonsumsi bahan bakar gas (BBG).

Advertisement

Pegawai bengkel Jilbert Kreasindo, Virdan Junar, menjelaskan memodifikasi mobil Avanza supaya mampu mengonsumsi BBG memerlukan biaya Rp18 juta. Biaya itu digunakan untuk membeli dan memasang perangkat compressed natural gas (CNG)

“Untuk memasang converter kit CNG di Toyota Avanza ini biayanya kurang lebih Rp18 juta. Itu kapasitas tabungnya 15 liter,” ujar Virdan sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Kamis (3/12/2015).

Ia menjelaskan satu tabung CNG terisi penuh baru habis sekitar tiga hingga empat hari untuk penggunaan normal di dalam kota. Ia juga mengklaim BBG membuat tarikan lebih responsif dan suara lebih halus.

Advertisement

“Konsumsinya termasuk irit. Satu liter gas bisa untuk [berjalan] 18 kilometer,” imbuhnya.

Kendati demikian, mesin VVT-I berkapasitas 1.500 cc bawaan Avanza tetap ia pertahankan. Hal itu untuk berjaga-jaga jika mobil dibawa untuk perjalanan jarak jauh. Sebab di luar Jakarta, stasiun pengisian BBG masih sangat sulit dijumpai.

Tetapi sebelum memutuskan memodifikasi mobil Avanza dengan memasang tabung gas CNG, ada satu hal yang perlu Anda ketahui.

Advertisement

Virdan menjelaskan tabung CNG memiliki kekurangan, yakni dimensinya yang sangat besar dan makan tempat. Alhasil, untuk memasangnya di Avanza, Anda perlu mencopot jok baris ketiga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif