News
Kamis, 3 Desember 2015 - 07:10 WIB

WARISAN BUDAYA DUNIA : Tari Bali Masuk Daftar Warisan UNESCO

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Warisan budaya dunia Tari Bali masuk dalam daftarnya.

Solopos.com, SOLO – Tari Bali yang masuk dalam nominasi Warisan Budaya Dunia Tak Benda UNESCO, sedang menunggu keputusan Sidang UNESCO di Windhouk, Namibia, Afrika, Rabu (2/12/2015) sore. Mendikbud Anies Baswedan mengajak masyarakat Indonesia berdoa supaya sidang UNESCO tersebut dapat resmi menetapkan Tari Bali sebagai warisan budaya dunia takbenda.

Advertisement

“Saya sampaikan apresiasi kepada siapa saja yang telah turut berupaya memperjuangkan usulan Tari Bali kepada UNESCO. Tentu kita berdoa dan berharap UNESCO sore ini akan menetapkan Tari Bali tersebut sebagai warisan budaya dunia takbenda,” kata Mendikbud Anies Baswedan yang juga Ketua Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO, saat membuka Kongres Kesenian Indonesia III di Bandung, Rabu.

Sebagaimana dilansir Kemdikbud, Selasa,UNESCO dijadwalkan menggelar sidang di Windhouk, Namibia, pada 30 November hingga 4 Desember 2015. Salah satu agenda sidang tersebut adalah penetapan Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Pembahasan dan pengukuhan nominasi dari Indonesia, yaitu Tari Bali, dijadwalkan akan berlangsung pada sidang Selasa (2/12/2015).

Ada tiga genre tari yang terdiri atas sembilan Tari Bali yang diusulkan menjadi Warisan Budaya Dunia Takbenda, yaitu Tari Barong Ket, Tari Joged, Legong Keraton, Dramatari Wayang Wong, Gambuh, Topeng Sidakarya, Baris Upacara, Tari Sanghyang, dan Tari Rejang.

Advertisement

Dalam rangkaian Sidang UNESCO di Namibia, sembilan tari tersebut dipresentasikan dan dirangkai menjadi mozaik tari berjudul Nawa Sari yang mencerminkan intisari sembilan tarian tersebut. Mozaik Tari Nawa Sari yang berdurasi selama empat dan enam menit itu memberikan gambaran kepada UNESCO mengenai intisari sembilan Tari Bali yang diusulkan menjadi Warisan Budaya Dunia Takbenda.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif