News
Kamis, 3 Desember 2015 - 17:30 WIB

ALUTSISTA TNI : Bicara Alutsista, Jokowi Tanya Rencana Beli Helikopter ke TNI

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi datang ke Sulteng dengan helikopter Puma, Jumat (29/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Zainuddin M.N.)

Alutsista TNI diminta diadakan sesuai kebutuhan. Sementara itu, pembelian helikopter kepresidenan masih jadi pertanyaan.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI sesuai kebutuhan yang telah ditetapkan oleh Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP).

Advertisement

Dalam sambutannya saat rapat kabinet terbatas, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah ingin membangun postur pertahanan TNI agar semakin kokoh, lengkap, dan modern. Pasalnya, hampir seluruh negara sedang berupaya untuk memajukan teknologi pertahanannya.

“Saat ini hampir semua negara berlomba-lomba untuk memajukan teknologi pertahanannya. Kami juga ingin mengupayakan pembangunan postur pertahanan TNI yang semakin kokoh, lengkap, dan modern,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Presiden menuturkan dirinya menginginkan pengadaan alutsista sesuai dengan kebutuhan TNI yang tercantum dalam dokumen postur kekuatan pokok 2010-2024, rencana strategis pertahanan 15-2019, dan rencana induk industri pertahanan yang dietapkan KKIP.

Advertisement

Menurutnya, proses pengadaan Alutsista juga harus dilakukan dengan prinsip akuntabikitas, dan transparasi. Alutsista yang akan dibeli nantinya pun harus digunakan untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan.

“Pengadaan Alutsista ini harus memperkuat keterpaduan operasional sistem senjata di antara seluruh matra yang ada di TNI,” ujarnya.

Keterpaduan operasional sistem senjata antar matra sangat penting, agar masing-masing matra tidak berjalan sendiri-sendiri dalam melakukan pengadaan teknologi pertahanan. Dalam kesrmpatan itu, Presiden juga meminta keterangan terkait rencana pembelian helikopter oleh TNI.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif