News
Rabu, 2 Desember 2015 - 15:15 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 SOLO : 50 SMA/SMK di Solo Jadi Pelaksana UNBK, Inilah Sekolahnya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Teknisi komputer SMAN 1 Sleman, Ardian Purwonugroho, mengecek komputer yang akan digunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2015-2016 ini, Senin (2/11/2015). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Ujian Nasional 2016 Solo, Disdik Jateng menetapkan 50 sekolah di Solo jadi pelaksana UN berbasis komputer

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 50 sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK) di Kota Solo telah ditetapkan sebagai pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 mendatang. Penetapan dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah terhadap berkas sekolah yang sebelumnya sudah dikirimkan.

Advertisement

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Aryo Widyandoko, mengakui, penetapan SMA/SMK penyelenggara UNBK tahun depan berdasarkan berkas sekolah yang sebelumnya sudah disampaikan jajaran Disdikpora kepada oleh Dinas Provinsi Jawa Tengah.

Dia juga mengakui untuk verifikasi secara fisik, belum ada informasi terkait waktu pelaksanaannya. Namun dia mengatakan pemerintah pusat mendorong agar verifikasi fisik dilakukan oleh tim verifikasi yang dibentuk oleh pemerintah di daerah.

Aryo menyebutkan 50 SMA/SMK yang akan melaksanakan UNBK tersebut terdiri atas 20 SMA, yaitu 8 SMA negeri (SMAN) dan 12 SMA swasta (SMAS), serta 30 SMK, yaitu 9 SMK negeri (SMKN) dan 21 SMK swasta.

Advertisement

Sebelumnya, Disdikpora mengajukan 31 SMK swasta sebagai pelaksana UNBK tersebut. Namun ada satu SMK swasta, yaitu SMK PGRI 2, yang akhirnya tidak ditetapkan sebagai pelaksana UNBK. Sekolah tersebut masuk dalam daftar pelaksana UN berbasis kertas.

Selain itu, Aryo mengungkapkan, masih ada dua SMK lain yang sudah menyatakan kesanggupannya melaksanakan UNBK tahun depan namun belum terverifikasi oleh Dinas Pendidikan Jawa Tengah. Kedua SMKS tersebut yaitu SMKIT Smart Informatika dan SMK Murni 2.

“Dua SMK tersebut sudah terdaftar pada kelompok pelaksana UN CBT (computer based test) namun ternyata belum terverifikasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Aryo ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (2/12/2015).

Advertisement

Untuk kedua SMK tersebut, Aryo mengatakan pihaknya sudah meminta masing-masing sekolah untuk mengajukan permohonan ulang pelaksanaan UNBK kepada Disdikpora untuk kemudian diajukan ke Dinas Pendidikan Jawa Tengah.

Inilah SMA/SMK swasta pelaksana UNBK di Solo pada 2016

SMA Swasta
1. SMA Al Islam 1
2. SMA Batik 1
3. SMA Batik 2
4. SMA Islam 1
5. SMA Kristen 2
6. SMA Kristen Widya Wacana
7. SMA Muhammadiyah 1
8. SMA Muhammadiyah 2
9. SMA Pangudi Luhur Santo Yosef
10. SMA Pelita Nusantara Kasih
11. SMA Regina Pacis
12. SMA Warga

SMK Swasta
1. SMK Al Islam
2. SMK Analis Kesehatan Nasional
3. SMK Batik 1
4. SMK Batik 2
5. SMK Bhinneka Karya
6. SMK Cokroaminoto 2
7. SMK Empat Lima
8. SMK Farmasi Nasional
9. SMK Ignatius Slamet Riyadi
10. SMK IT Smart Informatika
11. SMK Jayawisata
12. SMK Katolik ST. Mikael
13. SMK Kristen 2
14. SMK Marsudirini Marginingsih
15. SMK Muhammadiyah 3
16. SMK Muhammadiyah 4
17. SMK Murni 2
18. SMK Pancasila
19. SMK PGRI 1
20. SMK Tekno SA
21. SMK Warga

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif