Jateng
Selasa, 1 Desember 2015 - 13:50 WIB

TIPS BELANJA : 5 Hal Ini Bisa Membuat Kantong Jebol Saat Belanja

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Tips belanja ini bisa menghindarkan Anda dari pemborosan.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Ketika berbelanja di supermarket atau mall sering kali kita tidak bisa mengontrol, sehingga bisa membuat kantong jebol alias boros.

Advertisement

Untuk itu perlu dikenali lima hal yang bisa membuat pengeluaran berlebih dan kantong jebol ketika sedang belanja yang dilansir Thedailymeal seperti dikutip Okezone.com, Senin (30/11/2015).

1. Tidak membuat daftar belanja
Bila tidak membuat daftar barang-barang apa saja yang dibutuhkan ketika berbelanja membuat pengeluaran tidak terkontrol. Daftar belanja sangat diperlukan sehingga ketika sampai di supermarket, pengeluaran dapat terkontrol dengan tidak membeli hal-hal yang tak perlu.

2. Membawa anak
Secara tidak sadar, membawa si kecil saat berbelanja bisa bikin kantong jebol karena ketika di supermarket anak-anak akan melihat dan mencari sesuatu yang mereka inginkan. Mereka tidak akan menyerah sampai mereka mendapatkannya. Dalam banyak kasus, orang tua pasti menuruti apa yang diinginkan anaknya, daripada si kecil menangis tak karuan di dalam supermarket.

Advertisement

3. Belanja Saat Perut Lapar
Bila pergi ke supermarket dalam keadaan perut kosong bisa membuat jadi lebih boros. Pasalnya, ketika perut lapar, secara tidak sadar mata akan lebih mencari makanan yang bisa langsung dimakan saat itu juga untuk memuaskan perut yang lapar. Berbelanja di supermarket dengan kondisi perut kenyang diketahui dapat lebih mengontrol ‘lapar mata’.

4. Membeli sesuatu atas dasar merek 

Sebagian besar makanan kemasan biasanya punya rasa hampir mirip meski tidak 100% sama yang membedakannya adalah merek tertentu yang harganya jauh lebih mahal. Bila menginginkan makanan tertentu yang lebih hemat, cobalah untuk tidak membeli sesuatu berdasarkan merek. Cari produk serupa, mungkin harganya bisa lebih murah.

Advertisement

5. Membeli produk yang sudah dikupas

Di supermarket tersedia berbagai sayuran, buah atau bahan makanan lain yang sudah dikupas dan bisa langsung disantap. Mungkin hal ini akan meringankan pekerjaan saat hendak menyantapnya. Namun, perlu diketahui, segala macam makanan yang sudah dikupas itu harganya akan lebih mahal dibandingkan yang masih utuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif