Teknologi
Selasa, 1 Desember 2015 - 13:45 WIB

TEKNOLOGI ROBOT : Inikah Robot Terseksi di Dunia?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Super-Realistic Robot (Istimewa)

Teknologi robot terbaru dikembangkan perusahaan asal Jepang.

Solopos.com, TOKYO – Satu lagi robot pintar dikembangkan perusahaan asa Jepang. Robot yang diberi nama Geminoid F ini bahkan sudah cukup populer lantaran dijuluki robot tersensi di dunia.

Advertisement

Humanoid setinggi lima kaki dan enam inci ini mampu menggerakan mata, merespons terhadap kontak mata-ke-mata dan dapat mengenali bahasa tubuh.

Dia dirancang seperti manusia dengan ‘kulit’ karet dan wajah wanita, tetapi tidak bisa berjalan dan harus duduk di kursi roda.

Robot ini diciptakan oleh Hiroshi Ishiguro Laboratory di Universitas Osaka yang berencana untuk menciptakan model yang lebih baik di masa depan.

Advertisement

“Tujuan akhir kami adalah menciptakan beberapa kecerdasan buatan dengan menggunakan robot ini,” ujar asisten profesor Kohei Ogawa, seperti dikutip Daily Mail beberapa waktu lalu.

“Kebanyakan sistem pengenalan suara tidak bekerja, terutama dalam lingkungan yang bising. Di masa depan kita akan membuat beberapa sistem AI yang sempurna dengan menggunakan robot ini, tambahnya.

Geminoid F yang dibanderol seharga US$108.600 atau sekira Rp1,5 miliar ini bisa tersenyum, mengerutkan alisnya dan menggerakkan mulutnya. Juga dapat berbicara dan bernyanyi, memainkan rekaman, atau ‘mengucapkan’ suara-suara orang lain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif