Jogja
Selasa, 1 Desember 2015 - 10:20 WIB

HARI AIDS : Ada Ratusan Penderita HIV/AIDS, Baru 10 Puskesmas yang Melayani

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Hari Aids di Sleman menjadi refleksi bagi Pemerintah dan warga setempat, karena di wilayah ini terdapat ratusan penderita, namun baru 10 Puskesmas yang bisa melayani

Harianjogja.com, SLEMAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mencatat ada ratusan penderita HIV/AIDS namun baru ada 10 Puskesmas yang bisa memberikan pelayanan di level akar rumput selain di RSUD.

Advertisement

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sleman Novita menjelaskan, jumlah kasus HIV/AIDS dari 2004 hingga 2015 total ada 718 penderita. Dari data itu HIV terdapat 417 penderita dan AIDS 301 penderita, sisanya tidak diketahui.

Dari data itu ada 664 penderita yang bertahan hidup dan 43 penderita meninggal dunia. “Penanganan yang dilakukan dengan promotif, preventif, kurantif dan rehabilitatif,” ungkap Novita di kantornya, Senin (30/11/2015).

Penanganan promotif, lanjutnya, dilakukan melalui sosialisasi seperti mengundang komunitas motor, tukang ojek dan sopir. Selain lisan juga membagikan stiker, pamflet. Ia menambahkan, langkah preventif dilakukan melalui layanan alat suntik steril (LAS), tujuannya memotong penularan HIV dari alat suntik para pengguna narkoba sehingga tak tertular HIV. Para pengguna suntik dialihkan ke terapi metadon atau narkoba yang tidak pakai alat suntik.

Advertisement

“Untuk kuratifnya, khusus ARV yang bisa memberikan pelayanan hanya RSUD Sleman dan RSUP dr Sardjito. Di Puskesmas lain belum bisa untuk penderita,” imbuh dia.

Sedangkan untuk deteksi layanan, kata dia, baru ada 10 Puskesmas yang bisa memberikan pelayanan penderita HIV AIDS dari total 25 Puskesmas di Sleman. Puskesmas itu antara lain Puskesmas Sleman, Cangkringan, Mlati I, Prambanan, Depok III. Kemudian Puskesmas Kalasan, Gamping I, Ngaglik II, Godean II dan Ngemplak I.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hari AIDS HIV/ AIDS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif