Teknologi
Senin, 30 November 2015 - 20:45 WIB

PENEMUAN BARU : Mumi Mesir Berusia 2.700 Tahun Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mumi Mesir (Mirror)

Penemuan baru berupa mumi Mesir kuno berusia 2.700 menjadi sebuah prestasi bagi arkeolog dan ilmuwan yang senang mempelajarinya.

Solopos.com, SOLO – Sebuah mumi kuno berusia 2.700 tahun baru saja ditemukan di Mesir. Mumi kuno tersebut ditemukan bersama dengan sarkofagus yang terbuat dari kayu dengan hiasan hierogliph yang indah.

Advertisement

Mumi Ankh-fn-Khonsu ditemukan di Luxor, Mesir, di makam Amenhotep-Huy, yang merupakan raja muda dan wazir pada masa pemerintahan Firaun (Raja) Amenhotep III sekitar tahun 1.391 SM-1353SM.

Penemuan mumi Mesir Kuno (Mirror)

Kepala departemen barang-barang kuno Mesir, Sultan Eid mengatakan saat ditemukan, sarkofagus tersebut ditutup dengan lapisan plester. Sementara di badan mumi, terdapat mahkota dengan bunga dan pita yang berwarna-warni.

Advertisement

“Sarkofagus terbuat dari kayu dan ditutup dengan lapisan plester. Mumi di dalamnya mengenakan rambut palsu dan mahkota bunga dan pita berwarna-warni bersama dengan jenggot dan kalung menghiasi dadanya,” ujarnya seperti dikutip Mirror.co.uk, Jumat (27/11/2015).

Sementara itu Kepala Departemen Purbakala, Mahmoud Afifi, mengatakan artefak itu ditemukan dalam kondisi yang sangat baik. Hal itu memunculkan dugaan makam itu telah digunakan kembali sekitar 500 tahun yang lalu setelah makam itu selesai dibangun.

Makam itu ditemukan pada 1978, tim arkeolog mempelajari dan merenovasi makam itu sejak 2009.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif