Jogja
Senin, 30 November 2015 - 14:23 WIB

BANDARA KULONPROGO : DIY Minta Pembangunan Infrastruktur Pendukung Bandara Ditanggung Pusat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Bandara Kulonprogo membutuhkan infrastruktur pendukung. Pemda DIY berharap bantuan dari Pemerintah Pusat

Harianjogja.com, JOGJA – Pemda DIY tengah mempersiapkan paparan terkait pembangunan infrastruktur pendukung New Yogyakarta International Airport (NYIA), yang akan disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla pada pekan ini.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) DIY, Sigit Haryanta mengatakan infrastruktur penghubung bandara yang diharapkan butuh bantuan pusat adalah pembangunan jalur transportasi rel kereta api dan mempercepat pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

“Untuk jalan tol masih dalam konsep, kita utamakan rel kereta sama JJLS,” kata dia saat dihubungi, Sabtu (28/11/2015).

Sigit mengaku kesiapan pemerintah membantu pembangunan infrastruktur interkoneksi bandara di Kulonprogo itu juga sudah disampaikan wakil presiden saat berkunjung ke Jogja, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Menurut Sigit, permohonan bantuan APBN pusat dalam pembangunan rel sebenarnya pernah Pemda DIY bersama delapan kota lain se-Indonesia, namun, saat itu, kata dia, yang disetujui hanya Bandung, Palembang, dan Surabaya.

“Kita berharap pemerintah pusat dapat menerbitkan Perpres agar pendanaan dari APBN menjadi prioritas,” katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono sudah menegaskan pembangunan infrastruktur penghubung bandara bisa dilakukan tanpa harus menunggu bandara selesai.

Advertisement

“Saya hanya minta supaya bandara dan lain-lain sudah bisa segera dilaksanakan, tidak usah nunggu satu per satu.” kata Sultan, Jumat, pekan lalu di DPRD DIY.

Sultan berharap pengukuran lahan bandara Oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) sampai pembayaran ganti untung lahan bandara selesai pada pertengahan tahun depan, sehingga bisa mulai dilanjutkan pada pembangunan kontruksi bandara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif