Sport
Minggu, 29 November 2015 - 17:25 WIB

TINJU DUNIA : Tumbangkan Wladimir Klitschko, Tyson Fury Juara Kelas Berat

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tyson Fury (Reuters)

Tinju dunia kali ini mengabarkan kemenangan Tyson Fury atas Wladimir Klitschko.

Solopos.com, DUSSELDORF — Petinju asal Inggris, Tyson Fury, kini menjadi penguasa tinju dunia kelas berat. Petinju asal Inggris itu membuat kejutan dengan mengalahkan petinju Ukraina, Wladimir Klitschko, dengan kemenangan angka mutlak, Minggu (29/11/2015) dini hari WIB.

Advertisement

Seperti dilansir Detik, Minggu, tiga juri pertandingan seluruhnya memberikan kemenangan untuk Fury, yakni dengan kedudukan 115-112, 115-112, dan 116-111. Fury menyudahi dominasi Klitschko yang dalam sembilan tahun terakhir menjadi penguasa tinju kelas berat.

Kemenangan ini membuat Fury kini menyandang gelar juara tinju dunia WBA, IBF, IBO dan WBO. Petinju berusia 27 tahun itu kini mencatatkan rekor 25-0, 18 kemenangan di antaranya didapat dengan KO.

Advertisement

Kemenangan ini membuat Fury kini menyandang gelar juara tinju dunia WBA, IBF, IBO dan WBO. Petinju berusia 27 tahun itu kini mencatatkan rekor 25-0, 18 kemenangan di antaranya didapat dengan KO.

Untuk Klitschko, ini menjadi kekalahan pertama dia dalam 11 tahun ke belakang. Rekor petinju asal Ukraina pemilik gelar PhD itu kini menjadi 64 (53 KO)-4-0.

Mengandalkan kecepatannya, Fury tampil lebih baik dibanding Klitschko di ronde pertama. Kombinasi pukulan Fury berulang kali merepotkan Klitschko, yang tak terbiasa menghadapi lawan dengan sosok lebih besar darinya.

Advertisement

Pada ronde kedelapan Fury berhasil melukai Klitschko. Pipi petinju asal Ukraina itu mengeluarkan darah akibat beberapa pukulan yang masuk. Satu ronde berselang upercut kiri Fury berhasil melukai mata kanan Klitschko.

Memasuki ronde terakhir, Klitschko yang kalah dalam pengumpulan angka, mencoba mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk menjatuhkan Fury dan meraih kemenangan KO. Namun, upayanya tidak berhasil. Juri pada akhirnya memberikan kemenangan angka mutlak kepada Fury.

Wladimir Klitschko Tuntut Tarung Ulang

Advertisement

Sementara Wladimir Klitschko menuntut tarung ulang hanya beberapa menit setelah kehilangan gelar juara dunia setelah dikalahkan Tyson Fury.

Petinju Ukraina berusia 39 tahun itu menelan kekalahan keempat selama kariernya dan yang pertama dalam 11 tahun terakhir dari Fury yang masih berusia 27 tahun dan terus menyudutkannya selama 12 ronde di depan 50.000 penonton yang memadati Esprit Arena.

“Akan ada tarung ulang. Masih pagi memang dan saya harus memproses segala hal namun yang jelas akan akan tarung ulang. Sudah sudah bersiap dengan baik untuk pertarungan ini tetapi dia cepat untuk ukuran setinggi dia,” ujarnya seperti dilansir Reuters, Minggu.

Advertisement

Fury memiliki tinggi badan 2,06 meter atau 8 cm lebih tinggi dibandingkan Klitschko, terus menyudutkan petinju Ukraina tersebut sehingga tak mampu melepaskan pukulan kanannya yang maut dan akhirnya harus kalah angka mutlak.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif