Jogja
Sabtu, 28 November 2015 - 22:23 WIB

TAMAN AMARYLIS RUSAK : Seperti Ini Kerusakan Taman Bunga Amaryllis Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi kebun bunga Amarylis di Gunungkidul, Sabtu (28/11/2015). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Kebun bunga Amaryllis di Gunungkidul rusak karena diserbu ribuan pengunjung selfie

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULKebun bunga Amaryllis milik Sukadi, warga Dusun Ngasemayu, Salaman Patuk rusak akibat terinjak-injak pengujung yang mencapai ribuan orang ini.

Advertisement

Sejak beberapa hari lalu, kebun seluas 2.350 meter persegi ini ramai dikunjungi khalayak umum. Saking banyaknya orang yang berkunjung membuat bunga yang dikenal warga setempat dengan Brambang Mas itu menjadi rusak karena terinjak-injak masyarakat yang ingin melihat dan berfoto-foto di area taman.

“Yang rusak banyak dan bisa mencapai ratusan ribu. Dulu waktu pertama kali menanam ada 500.000 biji yang saya tanam,” kata Sukadi, Sabtu (28/11/2015).

Membludaknya pengunjung ke taman bunga Amaryliis milik Sukadi baru terjadi di sekarang ini. Di tahun-tahun sebelumnya tingkat pengunjung tidak mencapai puluhan, tapi mulai beberapa hari lalu jumlahnya membludak dari ratusan hingga ribuan orang.

Advertisement

“Kemarin [Jumat, 27/11/2015] yang datang sampai 1.500 orang. Saya tahu risikonya saat banyak orang yang berkunjung tanaman jadi rusak, untuk itu saya juga siap untuk melakukan perbaikan,” tegas Sukadi.

Rusaknya ratusan ribu bunga Amaryllis milik Sukadi mendapatkan tanggapan beragam. Ada warga yang tidak mempermasalahkan, tapi ada juga yang mempersoalkan dan menuding pengunjung sebagai penyebab rusaknya bunga-bunga itu.

Salah satu tanggapan miring diungkapkan Rosalia Sandra, salah seorang warga Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong. Dia pun berpendapat harusnya pengunjung bisa ikut merawat, salah satunya dengan tidak menginjak tanaman-tanaman tersebut.

Advertisement

“Apik? Cantik? Unik? Langka? Trus diinjek-injek,” tulis Sandra melalui postingan BBM miliknya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif