Jateng
Sabtu, 28 November 2015 - 15:50 WIB

KUNJUNGAN MEDIA : Kembangkan Kemitraan, Pemkot dan Wartawan Tegal Kunjungi Solopos

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rombongan jurnalis media lokal di Tegal dan jajaran Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melakukan kunjungan ke Griya Solopos, Sabtu (28/11/2015) pagi. (Ika Yuniati/Solopos/JIBI)

Kunjungan media dilakukan Pemkot dan wartawan Tegal ke Kantor Redaksi Solopos.

Kanalsemarang.com, SOLO-Sebanyak 60 jurnalis media lokal di Tegal dan jajaran Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melakukan kunjungan ke Griya Solopos, Sabtu (28/11/2015) pagi.

Advertisement

Serangkaian presstour ini diadakan dalam rangka pengembangan kemitraan antara Pemkot Tegal dengan media massa. Rombongan disambut oleh para petinggi Solopos di jajaran direksi dan perusahaan antara lain Direktur PT Aksara Solopos Bambang Natur Rahadi, Manajer Promosi Amir Tohari, Pemimpin Redaksi (Pemred) Solopos Suwarmin, Redaktur Pelaksana (Redpel) Solopos.com, Rini Yustiningsih dan Pengembangan Redaksi Damar Sri Prakoso.

Kepala Bagian Humas (Kabag Humas) Pemkot Tegal, Hendiati Bintang Takarini, menuturkan presstour ini baru kali pertama diadakan.
Hendiati berharap dengan adanya kegiatan ini kapasitas para reporter, utamanya di jajaran staf Humas Pemkot Tegal semakin meningkat.

Hal ini diharapkan akan berdampak pula pada kedekatan pemerintah dengan mitra media massa dan promosi kota mereka. Terlebih saat ini Tegal tengah gencar melakukan mengembangkan potensi wisata, kuliner dan perdagangan. Mereka juga telah merancang pembangunan pelabuhan niaga yang selama ini hanya digunakan untuk pelabuhan perikanan.

Advertisement

Hendiati mengatakan selain media cetak mereka juga membidik pasaran online baik portal berita atau TV Streaming sebagai media promosi. Mengingat pentingnya publikasi di dunia maya pada era sekarang.

Selepas dari Solopos, rombongan berencana ke Keraton Solo dan Yogyakarta.

“Solo dan Tegal kan memiliki prinsip yang hampir sama. Makanya kami memilih Solo sebagai kota tujuan agenda yang baru pertama ini,” terangnya.

Advertisement

Kunjungan yang berlangsung sekitar dua jam itu diisi dengan tukar informasi mengenai dapur redaksi Solopos dan peserta presstour.

Direktur PT Aksara Solopos, Bambang Natur, menyambut baik kedatangan rombongan ini. Ia menyampaikan bahwa untuk memaksimalkan promosi dan perkembangan Kota Tegal semua jenis media baik cetak, online, TV dan Radio harus dirangkul. Selain itu Pemkot Tegal perlu mempertimbangkan untuk menggandeng media lain di luar wilayahnya yang memiliki potensi pasar yang tinggi misalnya Solo, Yogya dan lainnya.

Sementara Suwarmin sedikit menceritakan tentang dapur redaksi Solopos. Ia mengatakan bahwa selama ini Solopos telah berusaha membangun pengembangan pasar melalui konvergensi media dengan mengembangkan portal media online Solopos, Radio Solopos FM dan televisi streaming di Solopos TV.

Maka tak heran kalau satu kejadian yang diliput oleh reporter Solopos langsung terpublikasi di empat media tersebut yaitu cetak, radio, TV dan portal online. Selain itu ia juga menyatakan pentingnya keberadaan media cetak yang selalu menyajikan berita secara lengkap di tengah perkembangan IT dan media online.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif