Sport
Sabtu, 28 November 2015 - 07:20 WIB

KEJUARAAN BASKET : Lima Basket 2015, 14 Tim Beradu di Babak Conference Yogyakarta

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kejuaraan Basket kali ini menghadirkan tim dari perguruan tinggi.

Harianjogja.com, SLEMAN – Sebanyak delapan tim basket putra dan enam tim basket putri dari sejumlah perguruan tinggi se-DIY dipastikan ambil bagian dalam Liga Mahasiswa (Lima) Basketball Kaskus Yogyakarta Conference di GOR UII, 27-3 Desember mendatang. Dua tim di masing-masing kategori akan mewakili DIY ke babak playoff dan berhadapan dengan wakil Jawa Tengah di tempat yang sama, 5-6 Desember.

Advertisement

“Untuk playoff kali ini digelar di Jogja. Tujuannya, agar didapatkan tim terbaik yang akan mewakili DIY dan Jawa Tengah sebelum melaju ke babak nasional di Bandung, Februari mendatang, “ ujar Sekretaris Perbasi DIY, Andi Hirawan, Kamis (26/11/2015).

Andi mengungkapkan babak playoff sebelumnya digelar di Semarang. Saat itu, ada enam tim DIY, yakni tiga tim putra dan tiga tim putri. Mereka
bertarung melawan wakil Jawa Tengah sebelum melaju ke babak nasional. Adapun format playoff tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

“Untuk formatnya sama, Hanya saja, pelaksanaan kali ini di Jogja,” ujar Andi.

Advertisement

Andi menambahkan, di babak conference ada 14 tim basket dari berbagai perguruan tinggi di DIY ambil bagian. Di kategori putra, tim yang bersaing di antaranya, UGM, USD, UII, UMY, UNY, UAD, UAJY, dan UPN. Sedangkan di kategori putri ada UGM, USD, UII, UAJY, UNY dan UAD. Mereka akan bersaing dan memperebutkan posisi juara dan runner-up untuk melaju ke babak playoff.

Untuk kategori putri, baik juara maupun runner-up di babak conference Yogyakarta akan bertemu dengan wakil Jawa Tengah, UNS dan Undip di babak playoff. Sedangkan untuk kategori putra, dua wakil DIY akan bertemu dengan wakil Jawa Tengah, putra Udinus dan Unes.

“Sedangkan untuk sistem yang digunakan untuk babak conference, di kategori putri menggunakan semi kompetisi, sedangkan untuk kategori putra menggunakan sistem pool,” kata Andi.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kejuaraan Basket
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif