Teknologi
Kamis, 26 November 2015 - 13:30 WIB

TIPS PILIH HEADPHONE : Begini Cara Memilih Headphone Sesuai Kebutuhan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penggunaan headphones dan earphones dalam waktu lama dengan volumen suara keras bisa merusak organ pendengaran manusia. (disabled-world.com)

Tips headphone kali ini tentang cara memilih perangkat tersebut sesuai kebutuhan.

Solopos.com, JAKARTA — Manajer Pemasaran Produk Sennheiser Electronic Asia, Wee Hong, berbagi tips untuk memilih headphone yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. Dimulai dari menentukan jenis musik apa yang akan Anda dengarkan.

Advertisement

Hong menyebutkan enam hal penting harus diketahui sebelum memilih, yakni jenis musik yang akan didengarkan atau banyak sedikitnya yang dengarkan, kapan dan di mana Anda menggunakannya, desain paling cocok, jenis tangkupan headphone, berkabel atau nirkabel dan jenis pemutar musik.

“Pertama-tama pastikan jenis musik apa yang akan atau banyak Anda dengarkan, terbagi dalam tiga jenis yakni Jazz, Rock atau Electronic,” kata Hong, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (26/11/2015).

Advertisement

“Pertama-tama pastikan jenis musik apa yang akan atau banyak Anda dengarkan, terbagi dalam tiga jenis yakni Jazz, Rock atau Electronic,” kata Hong, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (26/11/2015).

Untuk jenis musik Jazz, Acoustic, Unplugged, Anda membutuhkan headphone yang mampu memenuhi kebutuhan karakter suara yang lembut disertai tata suara panggung dan kejernihan suara alat-alat musik.

Sedangkan jenis musik Rock, sebaiknya memilih headphone yang mumpuni untuk mendukung raungan suara gitar elektrik atau ritem dari bas yang dimainkan grup-grup musik kegemaran Anda.

Advertisement

Setelah memastikan jenis musik, Anda harus memperhatikan di mana dan kapan anda lebih banyak menggunakan headphone. “Tentu akan berbeda apabila Anda kerap menggunakan headphone di perjalanan dalam kereta api dalam kota, di pesawat, di rumah atau di kantor,” kata Hong.

Fitur kedap kebisingan dari luar merupakan hal penting yang membedakan kebutuhan lokasi pengunaan headphone tersebut. Selanjutnya tentukan desain headphone yang cocok dengan Anda, apakah tersemat ke dalam telinga atau in-ear, menempel di daun telinga atau on-ear atau membungkus daun telinga atau over-ear.

“Tiap-tiap desain ada keunggulannya sendiri, misalkan fitur kedap kebisingan lebih dimiliki in-ear dan over-ear, sementara keringkasan tanpa mengurangi produksi suara yang ada di model on-ear,” kata Hong.

Advertisement

Selain itu Hong juga menyebutkan desain over-ear sangat cocok untuk mendengarkan jenis musik jazz, karena dengan kian jauh pengeras suara dari telinga tercipta ruang yang menjadi tempat berkembangnya tata ruang suara ala panggung.

Jenis tangkupan juga perlu diperhatikan, apakah Anda ingin headphone yang suaranya semata hanya bisa Anda dengar sendiri atau sengaja bisa dibagikan ke sebelah.

Dikutip dari Detik, Kamis, terakhir yang menjadi poin tak kalah penting adalah pemilihan headphone berkabel atau nirkabel. Headphone atau earphone nirkabel kerap menjadi pilihan tersendiri bagi penikmat musik.

Advertisement

Hal itu karena tidak repot dengan urusan kabel yang kusut. Namun, headphone nirkabel berpotensi menimbulkan interferensi. Beda dengan kabel yang jarang atau bahkan tidak ada inteferensi sama sekali.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif