Sport
Kamis, 26 November 2015 - 05:30 WIB

MOTOGP 2015 : Tim Pabrikan Disibukkan dengan Tes Privat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pembalap MotoGP 2015 sedang berpacu dalam sebuah balapan. Ist/dok

Motogp 2015 telah usai. Kini sejumlah tim pabrikan sibuk melaksanakan tes privat.

Solopos.com, SEPANG — Kejuaraan Moto GP musim 2015 sudah rampung. Tim peserta langsung disibukkan untuk mempersiapkan diri demi musim depan. Pekan ini sejumlah tim melakoni tes privat untuk menguji peranti electronik baru dan spesifikasi ban anyar produksi Michelin.

Advertisement

Tim pabrikan Honda, Ducati, dan Aprilia, memilih Sirkuit Jerez, Spanyol, sebagai tempat uji coba. Sementara Suzuki terbang hingga ke Sirkuit Sepang, Malaysia. Mereka menjajal dua hal krusial tersebut seiring dengan perubahan signifikan soal peranti eletronic control unit (ECU) dan ban dari Bridgestone ke Michelin.

Dilansir Motorcyclenews.com, Rabu (25/11/2015), setelah seri terakhir GP Valencia, Minggu (8/11/2015) lalu, sejumlah pembalap sudah mencoba tes ban buatan Michelin yang resmi menggantikan peran Bridgestone mulai musim depan. Tes pertama itu dimaksudkan untuk beradaptasi dengan ban yang memiliki karakter jauh berbeda dengan Bridgestone.

Sedangkan peranti electronik memang mengalami perubahan paling signifikan menyusul penyeragaman ECU baik software maupun hardware baik bagi tim pabrikan, satelit, dan kelas terbuka. ECU ini disediakan langsung oleh Dorna yang bakal memakai peranti bikinan Magneti Marelli.

Advertisement

Honda diyakini juga akan mengetes mesin baru mereka. Tim pabrikan Jepang itu belajar banyak dari kesalahan yang mereka buat sepanjang musim 2015. Mereka tak mau mesin yang terlampaui agresif jadi bumerang serupa di musim depan. Di Valencia bos Honda, Shuhei Nakamoto, mengaku mereka salah mengevaluasi karakter mesin yang kerap membikin Marc Marquez terjatuh di paruh pertama.

Hal ini jadi bahan evaluasi Honda di Jerez. Tes privat ini berlangsung tiga hari, Rabu-Jumat (25-27/11/2015). Honda akan mengandalkan dua jagoan mereka, Marquez dan Dani Pedrosa.

“Kami datang ke Jerez untuk bekerja demi menjajal peranti elektronik dan ban baru. Hal ini sangat penting dan kami sebagai pembalap mencoba sejauh mana kami bisa meningkatkan area ini,” papar Marquez, dilansir Motogp.com.

Advertisement

Sementara Ducati akan menyertakan pembalap satelit mereka, Michele Pirro. Sedangkan pembalap utama pabrikan Italia ini, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone baru akan bergabung di hari terakhir. Aprilia akan menurunkan Stefan Bradl, Alvaro Bautista, dan Mike di Meglio, dalam uji coba tersebut.

Sebelumnya, Suzuki sudah menyelesaikan tes privat di Sepang, Malaysia, Senin-Selasa (23-24/11). Bahkan, Maverick Vinales menjajal seamless shift gearbox. Inilah jadi alasan mengapa Suzuki memilih pergi ke Malaysia daripada ikut bergabung dengan Honda, Ducati, dan Aprilia, di Jerez.

“Kami mencoba banyak hal. Saya senang karena bisa mencoba elektronik musim 2016. Tapi, kami masih punya banyak pekerjaan rumah,” jelas Maverick, dilansir Crash.net.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif