News
Kamis, 26 November 2015 - 19:00 WIB

KONGRES HMI : Kongres Molor, HMI Ajukan Tambahan Anggaran Rp1 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Demo HMI Tolak Kenaikan BBM (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kongres HMI akhirnya molor dan membuat anggaran membengkak. Panitia mengajukan tambahan anggaran Rp1 miliar.

Solopos.com, PEKANBARU — Panitia Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) akan mengajukan tambahan biaya Rp1 miliar karena masa kongres ke-29 di Pekanbaru diperpanjang hingga 28 November 2015.

Advertisement

Koordinator Stering Commute HMI Akmal Sakti mengatakan bahwa segala biaya kongres per harinya mencapai Rp300 juta. Biaya itu termasuk sewa gedung, penginapan, makan dan sebagainya. “Kami akan tambah anggaran Rp1 miliar karena kongres diperpanjang hingga toga hari ke depan,” ungkapnya saat di Pekanbaru, Kamis (26/11/2015).

Kongres yang dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Minggu (22/11/2015) pagi itu menimbulkan polemik karena menghabiskan anggaran Rp7 miliar dan Rp3 miliar di antaranya disubsidi APBD Riau 2015. Sebelumnya, ada beberapa insiden ricuh antar kelompok hingga acara terpaksa diperpanjang dari jadwal yang ditetapkan.

Seharusnya, kongres HMI berakhir pada Kamis (26/11/2015). Aksi ricuh dimulai ketika 1.500 mahasiswa yang berasal dari Makassar melakukan aksi bakar ban karena ditelantarkan, Sabtu (21/11/2015), sebelum kongres dimulai.

Advertisement

Mahasiswa Makassar juga dituduh sebagai pelaku yang memanah mahasiswa Riau, Minggu. Polisi menangkap delapan orang dari rombongan mahasiswa Makassar karena kedapatan membawa senjata api, senjata tajam, sumpit (panah beracun tradisional), serta racun mematikan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melaporkan romobongan mahasiswa karena sejumlah aset hilang dari Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru yang menjadi tempat Kongres berlangsung. Mahasiswa Makassar yang diinapkan di lokasi itu kembali dituduh sebagai penyebabnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif