Jateng
Kamis, 26 November 2015 - 09:50 WIB

KONGRES GP ANSHOR : Jateng Kirimkan 2.600 Personel Banser

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kongres GP Anshor XV akan digelar di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Jogja, Rabu-Jumat (25-27/11/2015). 

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah mengirimkan sebanyak 2.600 personel Banser untuk ikut mengamankan Silaturrahmi Akbar dan Kongres GP Ansor XV di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Jogja.

Advertisement

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah Ikhwanudin mengatakan pemberangkan personil barisan ansor serba guna (Banser) dilakukan secara bertahap.

“Kami diminta Pimpinan Pusat GP Ansor untuk mengirimkan 2.600 personil Banser ke Kongres GP Ansor di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Jogja. Sebanyak 100 personil sudah berangkat pada Senin lalu [23/11/2015], sedangkan 2.500 personel diberangkatkan mulai hari ini [Rabu kemarin],” katanya di Semarang, Rabu (25/11/2015).

Silaturrahmi Akbar dan Kongres GP Ansor XV yang berlangsung 25-27 November 2015 rencananya akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla pada pukul 08.00 WIB, Kamis (26/11/2015). Ikhwadudin menambahkan pasukan Banser yang dipimpin langsung Kepala Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jawa Tengah (Jateng) Hasyim Asyari dibagi dalam beberapa fungsi.

Advertisement

“Ada fungsi satuan protokoler, satuan provos, satuan intelejen, dan satuan pengamanan,” ungkapnya.
Silahturahmi dan Kongres GP Ansor XV di Jogja mengagendakan beberapa acara antara lain, ziarah ke makan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, seminar, ceramah para tokoh nasional, pembahasan peraturan dasar dan peraturan rumah tangga, bahsul Mmsail, serta pemilihan ketua umum GP Ansor masa khidmat 2015-2020.

Kegiatan tersebut akan diikuti sekitar 3.000 peserta resmi dari 32 wilayah dan 350 cabang se-Indonesia, serta dihadiri cabang-cabang Gerakan Pemuda Ansor dari Luar Negeri.

“Kongres juga akan dihadiri ribuan anggota dan simpatisan GP Ansor dari berbagai penjuru di Indonesia. Untuk pengamanan selain dari Banser juga didukung Polri dan TNI,” ujar Ikhwadudin. Hasyim Asyari menambahkan 2.600 anggota Banser yang diterjunkan untuk membantu pengamanan Kongres GP Ansor di Jogja telah mendapatkan pelatihan.

Advertisement

“Mereka berasal dari berbagai pengurus cabang GP Ansor di daerah yang telah lolos seleksi,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif