Otomotif
Kamis, 26 November 2015 - 09:30 WIB

AKSESORI SEPEDA MOTOR : Bukan Mobil, BMW Recall Ribuan Helm

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Helm BMW Helmet Sport yang terkena recall. (Istimewa/Visordown.com)

Aksesori sepeda motor berupa helm besutan BMW ditarik karena masalah izin.

Solopos.com, MUNICH — Di dunia otomotif, penarikan produk (recall) biasanya dilakukan untuk mobil dan motor. Tetapi BMW justru melakukan recall terhadap ribuan helm.

Advertisement

Seperti dilansir laman Visordown, Selasa (24/11/2015), aksesori sepeda motor itu di-recall karena dianggap belum memenuhi standar keselamatan yang diberlakukan di Eropa. BMW menjelaskan helm yang terkena recall adalah tipe Helmet Sport full face dengan nomor seri 059241/P. Nomor tersebut dapat dilihat pada label yang dijahit pada tali pengait untuk dagu.

Konsumen yang memiliki helm dengan seri tersebut diimbau untuk datang ke diler BMW untuk menerima unit pengganti. BMW menjelaskan hal itu juga berlaku untuk unit helm yang usia pakainya di atas tiga tahun.

“Tidak ada risiko keselamatan untuk pengguna helm ini. Helm ini ditarik karena belum memenuhi seluruh persyaratan Komite Keselamatan Berkendara Eropa. Tetapi secara keseluruhan tetap aman,” tulis BMW dalam siaran resminya.

Advertisement

Menurut Departemen Transportasi Inggris, helm BMW yang terkena recall sudah memenuhi standar British Standard BS 6658: 1985. Akan tetapi di Eropa ada standar lebih tinggi yang belum dipenuhi aksesori sepeda motor besutan BMW itu, yakni UNECE 22.05.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif