Teknologi
Rabu, 25 November 2015 - 11:00 WIB

TIPS ANDROID : Ini Cara Dapatkan Aplikasi Android Murah

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Getjar (Play.google)

Tips Android kali ini tentang cara mendapatkan aplikasi murah atau gratis secara resmi.

Solopos.com, SOLO — Tidak sedikit pengguna Android yang menggunakan aplikasi bajakan demi mendapatkan aplikasi berbayar secara gratis. Padahal, aplikasi bajakan merugikan pengembang aplikasi dan ekosistem Android itu sendiri.

Advertisement

Namun, ternyata ada cara mendapatkan aplikasi berbayar Android dengan harga lebih murah, bahkan gratis tanpa perlu menggunakan aplikasi bajakan.

Berikut beberapa layanan yang bisa digunakan pengguna untuk mendapat aplikasi murah atau gratis seperti dikutip Liputan6.com dari Android Autorithy, Selasa (23/11/2015).

Advertisement

Berikut beberapa layanan yang bisa digunakan pengguna untuk mendapat aplikasi murah atau gratis seperti dikutip Liputan6.com dari Android Autorithy, Selasa (23/11/2015).

GetJar

GetJar merupakan toko aplikasi Android lepas terbesar di luar Google Play Store. Awalnya GetJar dirancang sebagai sarana antarpengembang untuk melakukan uji coba aplikasinya.

Advertisement

Kendati demikian, perlu diketahui aplikasi pihak ketiga belum tentu menawarkan keamanan serupa dengan Google Play Store. Jadi, Anda yang ingin mendapatkan aplikasi dari GetJar harus memahami risiko yang mungkin saja terjadi.

AppGratis

Sesuai namanya, AppGratis menawarkan aplikasi secara gratis untuk penggunanya. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut menawarkan potongan harga untuk beberapa aplikasi yang berbeda.

Advertisement

Namun, kebanyakan penawaran ini hanya dibatasi maksimal sampai 24 jam. Jadi, setelah lewat 24 jam akan ada aplikasi lain yang ditawarkan. Lewat cara ini, AppGratis juga menyediakan aplikasi dari beberapa pengembang yang membutuhkan promosi.

Beberapa aplikasi besar yang juga sempat mengawali kemunculannya di AppGratis, adalah Angry Birds dan Whatsapp. Jadi, mungkin saja ketika Anda menggunakan AppGratis akan menemukan beberapa aplikasi gratis yang berpotensi besar di masa depan.

Amazon Underground

Advertisement

Amazon Underground disebut sebagai evolusi dari program aplikasi gratis dari Amazon. Lewat Amazon Underground, pengguna tidak hanya dapat mendapatkan aplikasi berbayar secara gratis, namun juga dapat membeli beberapa item di aplikasi secara cuma-cuma.

Jika aplikasi berbayar disediakan secara gratis, lalu dari mana pengembang akan mendapat pemasukan? Untuk menjawab hal ini, Underground menggunakan strategi yang berbeda dengan perusahaan lain.

Cara yang dilakukan Amazon adalah dengan membayar pengembang berdasarkan waktu yang dihabiskan pengguna memainkan aplikasi buatannya. Lewat cara ini, pengembang diharapkan secara konsisten menghadirkan aplikasi agar pengguna terus memainkan aplikasinya.

Tidak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Underground juga menawarkan pembelian item di aplikasi, seperti game dengan biaya gratis. Kendati tidak ada pembatasan, variasi item yang ditawarkan secara gratis berbeda-beda di masing-masing aplikasi.

AppSales

Berbeda dengan layanan sebelumnya, AppSales tidak secara langsung memberikan aplikasi secara gratis. Lewat layanannya, AppSales memungkinkan pengguna membuat daftar keinginan aplikasi berbayar yang ingin dibeli, namun belum memiliki cukup uang.

Nantinya AppSales akan mengingatkan pengguna ketika ada aplikasi di daftar keinginannya, yang sedang mendapat potongan harga. AppSales akan mengingatkan ketika hargan sebuah aplikasi dipotong minimal 25% dan ada 1.000 unduhan yang berhasil di harga tersebut. Pengguna juga dapat menyesuaikan pilihan ini sesuai kebutuhannya.

Selain itu, AppSales juga memiliki fitur untuk memantau harga sebuah aplikasi. Lewat kemampuan ini pengguna dapat memeriksa daftar harga yang ditawarkan sebuah aplikasi, kemudian memelajari kemungkinan adanya potongan harga yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Advertisement
Kata Kunci : AppGratis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif