News
Rabu, 25 November 2015 - 15:35 WIB

BISNIS PENERBANGAN : Kemenhub Keluarkan Status Kuning untuk Seluruh Penerbangan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo (Dok/JIBI/Solopos)

Bisnis penerbangan ini terkait status kuning yang dikeluarkan Kemenhub untuk seluruh penerbangan di RI.

Solopos.com, TANGERANG  – Kementerian Perhubungan sejak Selasa (24/11/2015), mengeluarkan status kuning bagi seluruh penerbangan di Indonesia. Hal itu sebagai respons atas adanya ancaman teror belum lama ini.

Advertisement

Direktur Keamanan Penerbangan Dirjen Penerbangan Udara, Nasir Usman, mengatakan, status kuning dikeluarkan melalui surat resmi dari Dirjen Perhubungan Udara dan disampaikan kepada seluruh pengelola bandara di Indonesia.

Dalam surat tersebut, seluruh Bandara diminta untuk melakukan peningkatan keamanan serta memeriksa semua penumpang serta bawaannya. Begitu juga dengan kewaspadaan terhadap adanya gerakan atau penyelundup di kawasan Bandara yang masuk dalam kategori teror.

“Pokoknya seluruh bandara ditingkatkan pengamanannya dan memeriksa ulang data diri penumpang dan bawaannya,” ujarnya ditemui dalam Wisuda di STPI Curug, Tangerang, Selasa.

Advertisement

Nasir menjelaskan peningkatan status dari hijau menjadi kuning setelah Indonesia masuk dalam serangan terorisme seusai kejadian penembakan di Paris, Prancis.

Peningkatan status kuning ini akan dicabut ketika semua pihak terkait menyatakan jika penerbangan sudah dalam kategori aman.

Nasir mengatakan tidak ada batas waktu hingga kapan status ini akan diberlakukan karena keamanan di Bandara adalah koordinasi berbagai pihak.

Advertisement

“Kita terus melakukan komunikasi dengan intelijen, kepolisian, TNI dan semuanya. Kami hanya ingin memastikan penerbangan berjalan aman,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif