Umum
Selasa, 24 November 2015 - 17:03 WIB

KAMPUS SOLORAYA : Pembekalan KKN-PPM UTP 2015/2016

Redaksi Solopos.com  /  Tim Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

LAPORAN KETUA PANITIA KKN-PPM UTP 2015/2016

 

Advertisement

Untuk memenuhi mata kuliah wajib bagi mahasiswa, yakni mata kuliah KKN-PPM, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, mengadakan pelaksanaan Kuliah kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM).

Sebelum kegiatan KKN-PPM dilaksanakan di tengah masyarakat, diadakan Pembekalan bagi Mahasiswa peserta KKN-PPM, pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 20-21 Nopember 2015.

Advertisement

Sebelum kegiatan KKN-PPM dilaksanakan di tengah masyarakat, diadakan Pembekalan bagi Mahasiswa peserta KKN-PPM, pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 20-21 Nopember 2015.

KKN-PPM  pada tahun 2015/2016 diikuti oleh 446 mahasiswa, yang akan diterjunkan di Kabupaten Karanganyar, meliputi Kecamatan Jumantono, Kecamatan Jumapolo, dan Kecamatan Matesih. Untuk Tema KKN-PPM kali ini adalah “Pemberdayaan Olahraga Tradisional dan Ekonomi Masyarakat”

Dalam sambutan pembekalan, Ketua Panitia KKN-PPM, Ir. Sutarno, MSi, menerangkan, bahwa :

Advertisement

Secara umum  KKN-PPM ini adalah suatu bentuk pendidikan,  dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung terlibat dalam upaya mengidentifikasi serta menemukan solusi-solusi yang kreatif dan inovatif terhadap berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Bentuk pendidikan semacam ini temasuk dalam Term Pembelajaran tidak langsung (direct study) dan pembelajaran terlibat (involved study, yang keduanya dikategorikan ke dalam  jenis pembelajaran melalui tindakan (learning by doing)

Adapun dasar acuan pelaksanaan KKN-PPM antara lain :

  1. PP No. 60 tahun 1999, tentang Pendidikan Tinggi;
  2. SK Menteri Pendidikandan Kebudayaan RI No. 03339/U/1994 tentang Pokok Penyelenggaraan PT
  3. Pedoman Peraturan Akademik UTP Surakarta
  4. SK  Rektor No. 1141/G/UTP/IX/2015 tentang Panitia Pelaksana KKN-PPM  UTP Surakarta 2015/2016

Melalui dasar acuan tersebut, maka kegiatan KKN-PPM pada dasarnya dimaksudkan untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa serta bertujuan untuk mengimplementasikan satu misi dari Tridarma  PT  yakni Pengabdian kepada masyarakat.

Advertisement

Disamping itu  pelaksanaan KKN-PPM juga untuk meningkatkan relevansi penyelenggaraan PT dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, sehingga PT dapat memberikan akses positif terhadap masyarakat.

Selanjutnya dengan selesainya mahasiswa mengikuti KKN-PPM nanti, haruslah tertanam dalam diri mereka berbagai wawasan, pemahaman dan pengalaman baru, antara lain :

  1. Meningkatnya kesadaran diri terhadap realitas kehidupan masyarakat;
  2. Lebih meningkatnya tanggung jawab pribadi dan sosial terhadap pelbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat serta;
  3. Meningkatnya kesadaran diri akan peran sosial, dan perannya selaku akademisi yang akan hidup berdampingan ditengah-tengah lingkungan  masyakat.

Selanjutnya Rektor UTP Surakarta, Prof.Dr.Ir. Ongko Cahyono, MSc, memberikan pengarahan dan sekaligus membuka kegiatan pelaksanaan Pembekalan, dalam arahannya Bapak Rektor, selama di lokasi agar, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, bisa menggerakan dibidang ekonomi masyarakat , dan menjadi teladan di wilayah lokasi KKN-PPM.

Advertisement

Aris-sekretaris KKN-PPM UTP Surakarta

                                                                                                                    Surakarta, 21 Nopember  2015

                                                                                                                                                                  Ka. Lembaga Kerjasama dan Informasi

 

 

                                                                                                                                          Ir. Wiyono, MP

Hp.081329606889

Advertisement
Kata Kunci : Kampus Soloraya UTP
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif