Jogja
Senin, 23 November 2015 - 03:20 WIB

PILKADA GUNUNGKIDUL : Rapat Umum Jadi Ajang Konsolidasi dan Parameter Kekuatan Calon Kepala Daerah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para Calon Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul. (Harian Jogja/Uli Febriarni)

Pilkada Gunungkidul salah satu tahapannya yakni kampanye rapat umum untuk masing-masing pasangan calon

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Tahapan kampanye terbuka dalam Pemilihan Kepala Daerah dianggap sebagi sesuatu kegiatan yang penting. Pasalnya kegiatan ini bisa menjadi tolok ukur terhadap proses jalannya kampanye yang telah dilalui. Namun yang paling penting, rapat umum bisa menjadi acuan kekuatan masing-masing calon.

Advertisement

Wakil Ketua Pemenangan Pasangan Subardi TS-Wahyu Purwanto, Eko Rustanto mengatakan, pihaknya siap menggunakan jatah rapat umum yang disediakan oleh KPU Gunungkidul. Pertimbangan untuk menggunakan jatah ini, selain merupakan sebagai hak, juga sebagai dasar untuk mengetahui respon masyarakat terhadap calon yang diusung.

“Tidak seperti saat rapat terbatas, untuk rapat umum kami akan ambil kesempatan tersebut. Dari kegiatan ini akan kami jadikan indikator ketertarikan public terhadap calon yang diusung,” kata Eko kepada Harian Jogja, Minggu (22/11/2015).

Advertisement

“Tidak seperti saat rapat terbatas, untuk rapat umum kami akan ambil kesempatan tersebut. Dari kegiatan ini akan kami jadikan indikator ketertarikan public terhadap calon yang diusung,” kata Eko kepada Harian Jogja, Minggu (22/11/2015).

Dia menjelaskan, untuk konsep rapat umum sendiri, partai koalisi sedang merumuskan kegiatan yang akan dilakukan. Oleh karenanya, koordinasi terus dilakukan demi menyukseskan kegiatan terbuka yang hanya di gelar sekali itu.

“Masih kami matangkan, tapi kami berharap tokoh nasional dari partai koalisi bisa hadir dalam acara itu, sehingga bisa menarik simpatik dari masyarakat,” ujar Politisi Demokrat ini.

Advertisement

“Kami akan gunakan kesempatan itu [rapat terbuka]. Dalam kegiatan ini bisa dipastikan seluruh relawan yang berjumlah sekitar 7.000 orang ini siap hadir untuk memeriahkan acara,” kata Adam.

Dia menjelaskan, konsep dari rapat umum ini masih dimatangkan oleh tim pemenangan. Namun, Adam tidak menampik agar masyarakat ikut berpartisipasi telah menyiapkan serangkaian acara, salah satunya dengan mendatangkan artis dari ibukota.

Sementara itu, Ketua Pemenangan pasangan Badingah-Immawan Wahyudi, Arif Setiadi mengatakan akan menggunakan semaksimal mungkin jadwal kampanye terbuka guna meraih simpatik dari masyarakat. Namun demikian, untuk format kegiatan, ia belum bisa mengungkapkan karena masih harus melakukan koordinasi antar partai pendukung.

Advertisement

“Konsepnya masih kami bicarakan. Tapi yang jelas, kami pergunakan sebaik dan seoptimal mungkin,” kata Arif.

Ketua Pemenangan Djangkung Sujarwadi-Endah Subekti Kuntariningsih, Suharno mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi mengenai konsep acara yang akan digunakan dalam kampanye terbuka. Kendati demikian, ia mengakui jika kesempatan tersebut akan digunakan sebagai ajang konsolidasi untuk para relawan dan pendukung yang dimiliki.

“Kegiatan ini juga sebagai ajian pamungkas sebelum masa tenang dan pemilihan berlangsung. Itulah kenapa kita memilih jadwal rapat umum di akhir masa kampanye,” kata Suharno.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif