Soloraya
Senin, 23 November 2015 - 10:15 WIB

LOWONGAN CPNS KLATEN : Jadwal Perekrutan CPNS Belum Jelas, Pemkab Klaten Siapkan Anggaran Rp180 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS (JIBI/Dok.)

Lowongan CPNS Klaten belum jelas kapan dibuka namun pemkab setempat telah menyiapkan anggaran perekrutan.

Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten mengalokasikan dana Rp180 juta melalui APBD 2016 untuk perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun hingga kini belum ada kepastian ada atau tidaknya penerimaan CPNS tahun depan.

Advertisement

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Edy Hartanta, mengatakan penyiapan anggaran dimaksudkan guna mengantisipasi pemerintah pusat memberikan kuota perekrutan CPNS pada 2016.

“Ini sebagai persiapan agar nantinya tidak kebingungan ketika ada kepastian rekrutmen. Sampai sekarang memang belum ada informasi resmi soal rekrutmen itu dari Kemenpan RB,” jelas Edy saat dihubungi Minggu (22/11/2015).

Edy mengatakan pemkab masih melaporkan kondisi PNS di Kabupaten Bersinar ke pemerintah pusat. Pelaporan itu ditarget rampung pada akhir November ini.

Advertisement

“Saat ini kami baru menginformasikan ke Kemenpan RB kondisi PNS di Klaten termasuk kekurangannya. Pelaporan ini sifatnya online dan ditarget rampung akhir November. Ini diharapkan bisa menjadi dasar nantinya untuk melakukan rekrutmen,” kata dia.

Jumlah total PNS di Klaten saat ini 13.400an orang. Sementara, kekurangan PNS mencapai 5.000an orang untuk tenaga pendidik, medis, hingga teknis, terbesar pada posisi tenaga pendidik yakni 4.000an orang.

“Kalau tidak salah antara Januari-Maret itu yang pensiun ada 700an orang, banyak yang guru. Mereka pensiun memang sudah memasuki masa pensiun,” ungkap dia.

Advertisement

Terkait gaji pegawai, sebelumnya Kepala DPPKAD Klaten, Sunarno, memastikan tak ada kenaikan gaji pada 2016. Sebagai gantinya, para PNS menerima gaji tunjangan hari raya sebesar satu kali gaji yang diterima setiap bulan.

Dana tunjangan hari raya dialokasikan senilai Rp65 miliar melalui APBD bersumber dari dana alokasi umum (DAU) 2016. Alokasi anggaran tunjangan hari raya itu berdasarkan asumsi anggaran yang dikeluarkan pemkab guna menggaji pegawai setiap bulannya yakni Rp65 miliar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif