Teknologi
Senin, 23 November 2015 - 01:45 WIB

KLINIK ANDROID : Ingin Hard Reset HP tapi Takut

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? Serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Advertisement

Tanya:

Selamat pagi Mas. Saya ingin bertanya. HP saya kan Samsung Galaxy young duos SM-G130H (belum di-root). Yang saya ingin tanyakan pertama, ada satu aplikasi bawaan yang hilang dengan sendirinya tapi dilihat di manager aplikasi tetap tidak ada, apakah itu berpengaruh pada kinerja HP saya?

Kedua, Saya ingin hard reset HP saya (dengan 3 tombol vol +, Home dan power). Tapi saya takut. Yang saya takutkan adalah  apakah hard reset berbahaya? Apakah aplikasi termasuk sistem akan hilang dan hp harus di instal ulang? Mohon pencerahannya Mas. Sebelumnya saya ucapkan banyak banyak terima kasih.

Advertisement

Randi Ardifa <ardifa97@gmail.com>

Jawab:

Salam kenal Randi Ardifa, jawaban dari pertanyaan Anda:

Advertisement

1. Aplikasi bawaan tidak mungkin hilang dengan sendirinya, mungkin secara tidak sengaja Anda menghapus aplikasi tersebut. aplikasi yang hilang tersebut tidak akan berpengaruh banyak terhadap kinerja dari HP anda, tetapi akan berpengaruh terhadap kinerja dari aplikasi yang berkaitan dengan aplikasi yang hilang tersebut. contoh, aplikasi yang hilang adalah google maps, maka semua aplikasi yang membutuhkan akses ke google maps jadi tidak berfungsi untuk fasilitas maps (peta). jikalau ingin mengembalikan aplikasi bawaan yang hilang tersebut, anda bisa reset HP anda via factory data reset ada di dalam menu setting.

2. Kenapa Anda ingin melakukan hard reset? yang harus dipahami adalah hard reset dilakukan kalau HP Anda nyala tetapi kondisi bootloop (berhenti di logo android/Samsung lalu restart lagi, begitu seterusnya), maka hard reset adalah salah satu cara untuk menginstal (flash) HP via rom bawaannya (stock rom), di mana aplikasi bawaannya yang nantinya akan terinstal. sedangkan aplikasi instalan Anda pasti akan hilang karena nantinya HP akan kembali ke kondisi semula (saat pertama beli).

Selamat menggunakan android dan selamat bereksperimen ya?

 

Advertisement
Kata Kunci : Klinik Android
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif